Selasa, 22 Mei 2012

Proposal PTK Bahasa Indonesia

PROPOSAL
PENELITIAN TINDAKAN KELAS

Oleh :
NANI HASANAH,S.Pd.SD









PROPOSAL
PENELITIAN TINDAKAN KELAS

A. JUDUL
UPAYA PENINGKATAN MINAT DAN KEMAMPUAN MENULIS KARANGAN MELALUI PENDEKATAN KETERAMPILAN PROSES BAGI SISWA KELAS V SD NEGERI 3 GENTANSARI PADA SEMESTER II TAHUN AJARAN 2010/2011

B. Latar Belakang
Pelajaran Bahasa Indonesia bagi anak – anak terutama mengarang terasa sangat membosankan dan siswa merasa kesulitan dalam menuangkan idenya dalam bentuk tulisan.
Hal tersebut dapat guru rasakan ketika itu hari Rabu tanggal 9 Pebruari 2011 seperti biasanya Saya masukke kelas siswa sudah dan ketua kelas menyiapkan dan memberi salam sayapun menjawab salam mereka. Dilanjutkan dengan mengabsen siswa ternyata hari itu ada satu siswa yang tidak masuk yaitu Akhmad Mutaqin. Sayapun menanyakan,”Kenapa Akmad tidak masuk hari ini,ada yang tahu anak-anak? Tanyaku. Serentak anak menjawab.” Tadi nangis Bu Guru padahal sudah berpakaian seragam lengkap” jawab anak-anak. “Lho kenapa,kok tidak jadi berangkat?”. “Minta uang saku tidak di beri bu guru”. “ Anak-anak baikkah perilaku Akhmad yang tidak mau berangkat sekolah karena tidak diberi uang saku?” “Tidaaaak” anak-anak riuh menjawab.
“Baiklah anak –anak hari ini jam pelajaran pertama adalah bahasa Indonesia dan materi pada pagi hari ini adalah menulis cerita atau karangan.” “Akh sebel “ku dengar seorang anak bergumam, dan anak – anak yang lainpun terlihat tidak bersemngat. Dalam benakku aku bertanya mengapa mereka tidak bersemangat?
Melihat kondisi siswa seperti itu akupun mengajak siswa untuk menyanyikan lagu “Naik Delman”
Pada hari Minggu
Ku turut Ayah Ke Kota
..........................................
Anak-anak terlihat mulai kembali bersemangat,Akupun kembali ke materi pelajaran, nah anak –anak........, akupun menjelaskan langkah – langkah menulis karangan mulai dari menentukan tema,sampai membuat kerangka karangan dan mengembangkannya menjadi paragrap,anak – anak diam memperhatikan,setelah selesai menerangkan akupun bertanya,Anak – anak sudah jelas belum?’ Anak- anak terdiam lalu ada yang menjawab “ Sudah.” Setelah itu Saya memberi tugas menulis karangan berdasarkan pengalaman anak.
Anak-anakpun mengerjakan ,dan saya berkeliling sambil melihat pekerjaan anak.
Setekah 30 menit berlalu saya meminta anak mengumpulkan tugasnya.Namun harapanku jauh dari kenyataan ternyata dari 17 siswa, hasil belajar yang sesuai dengan kriteria menulis cerita hanya 3 orang itupun dalam penulisannya masih banyak pengulangan kalimat yang sama
Di akhir pelajaran saya menanyakan kepada anak – anak apa sebenarnya kesulitan dalam menulis cerita. Dari hasil jawaban anak – anak mayoritas mereka sulit mengungkapkan kalimat dan menuangkannya dalam tulisan, akhirnya pelajaran Bahasa Indonesia hari itu saya akhiri dengan perasaan yang masih mengganjal.
Setelah melakukan refleksi diri dan dengan hasil diskusi dengan teman sayapun akan mengulang kembali materi tersebut dengan menggunakan media gambar seri dan pendekatan keterampilan proses, hal ini saya lakukan karena menulis merupakan pelajaran yang sangat penting bagi perkembangan kemampuan belajar siswa pada mata pelajaran lainnya.


C. Perumusan Masalah
Pokok permasalahn yang akan di cari solusinya dalam penelitian tindakan kelas kali ini adalah siswa belum mampu atau kesulitan dalam menuangkan ide atau gagasan ke pada pembelajaran menulis karangan.
“ Strategi Pembelajaran apakah yang dapat meningkatkan minat dan kemampuan menulis siswa pada materi menulis karangan di Kelas V SD.

D. Cara Pemecahan Masalah
Setelah melakukan refleksi terhadap hasil pembelajaran dan mendiskusikannya dengan teman sejawat,permasalahan seperti dikemukakan tersebut di atas ,maka dalam penelitian ini akan digunakan Strategi Pembelajaran melalui Pendekatan Keterampilan Proses dan menggunakan media gambar dapat digunakan sebagai alternatif..

E. Tujuan dan Manfaat PTK
Tujuan Penelitian Tindakan Kelas ini adalah untuk :
Meningkatkan minat dan kemampuan siswa dalam menulis karangan dengan melalui pendekatan keterampilan proses dan penggunaan media gambar.
Hasil Penelitian ini diharapkan dapat bermanfaatbagi :
a. Saya pribadi, yaitu untuk meningkatkan efektifitas pembelajaran Bahasa Indonesia dan meningkatkan kinerja saya dalam mengajar.

b. Rekan guru SD lainnya yang mengajar dikelas V, hasil penelitian ini diharapkan dapat memberikan masukan atau alternatif pembelajaran Bahasa Indonesia.

c. Siswa,penelitian ini diharapkan dapat mendorong siswa dalam meningkatkan minat dan kemampuan menulis karangan.

F. Kajian Pustaka

1. Kemampuan Menulis
Menulis pada hakikatnya adalah melukiskan lambang-lambang grafis yang menggambarkan suatu bahasa yang dipahami seseorang untuk dibaca orang lain yang dapat memahami bahasa dan lambang-lambang grafis itu (HG Tarigan, 1983:21).
Sebagai bentuk penuangan gagasan, jenis-jenis tulisan berdasarkan tujuan yang disampaikan ada bermacam-macam. Keraf (1995:6-7) membagi jenis tulisan menjadi lima yaitu (1) eksposisi, (2) argumentasi, (3) persuasi, (4) deskripsi, dan (5) narasi. Selanjutnya dikemukakan bahwa persuasi merupakan varian dari argumentasi.
Gorys Keraf (1984: 8-9) mengemukakan bahwa manfaat menulis, yaitu untuk (1) mengenal diri sendiri, (2) lebih memahami orang lain, (3) belajar mengamati dunia sekitar dengan cermat, dan (4) untuk mengembangkan proses berpikir secara jelas dan teratur.
Dalam proses menulis sekurang-kurangnya mencakup lima unsur, yaitu (1) isi karangan, (2) bentuk karangan, (3) tata bahasa, (4) gaya, dan (5) ejaan dan tanda baca (Harris, 1974:68).
Dari beberapa pendapat tersebut, dapat disimpulkan bahwa proses menulis akademik, tahap-tahap menulis meliputi (1) tahap prapenulisan, (2) tahap penulisan, dan (3) tahap perbaikan (revisi). Tulisan yang baik mempunyai ciri-ciri (1) mudah, (2) berterima, (3) ekonomis, (4) tepat, (5) langsung, (6) utuh, dan (7) gramatikal.
2. Penguasaan Struktur Bahasa dalam Menulis
Aspek penguasaan struktur bahasa (gramatikal) merupakan salah satu dari bekal kemampuan menulis. Penguasaan terhadap struktur bahasa berarti kemampuan untuk mengetahui struktur bahasa sesuai dengan kaidah yang berlaku.
Dalam perkembangan sekarang, struktur bahasa bahkan bukan hanya tata bunyi, tata bentuk, tata kalimat, dan tata makna, melainkan sudah sampai kepada tata wacana.
3. Kaitan Teknik Penulisan dengan Kemampuan Berbahasa dalam Menulis
`Teknik penulisan (ilmiah) mempunyai dua aspek, yaitu (1) gaya penulisan (membuat ilmiah) dan (2) teknik notasi dalam menyebutkan sumber dari pengetahuan yang digunakan dalam penulisan. Komunikasi (ilmiah) harus jelas dan tepat yang memungkinkan proses penyampaian pesan yang bersifat reproduktif dan impersonal.
Dalam penyusunan paragraf, penguasaan kalimat oleh para pembelajar sangat penting karena kalimat merupakan pendukung paragraf yang merupakan dasar pokok karangan. Karangan yang baik terdiri atas susunan kalimat yang baik.
4. Pendekatan Keterampilan Proses
Pendekatan Keterampilan Proses adalah suatu pengelolaan kegiatan belajar mengajar yang berfokus kepada penglibatan siswa secara aktif dan kreatif dalam proses pemerolehan hasil belajar.
Tahap-tahap Pendekatan Keterampilan Proses dalam pembelajaran menulisseperti yang dikemukakan oleh Djago Tarigan dan Hg Tarigan dalam ( Supriyadi 1987 : 23,25) sebagai berikut,
a. Mengamati
b. Menggolongkan
c. Menafsirkan
d. Menerapkan
e. Mengomunikasikan
G. Rancangan dan Metodologi Penelitian
1. Penataan Penelitian
Penelitian ini akan dilakukan di SD Negeri 3 Gentansari Kecamatan Pagedongan, Kabupaten Banjarnegara, Kelas V dengan jumlah siswa 17 dalam mata pelajaran Bahasa Indonesia Materi Pokok menulis karangan. Pembelajaran akan dilakukan pada Semester II Tahun Pelajaran2010/2011.

2. Aspek- aspek yang diselidiki
Dalam penelitian ini aspek-aspek yang akan diselidiki adalah :
• Minat belajar siswa terhadap pembelajaran menulis karangan.
• Kemampuan menulis siswa.

3. Langkah-langkah kegiatan
a. Persiapan
• Mengkaji teori-teori yang mendukung / kepustakaan.
• Menyusun perangkat pembelajaran (RPP,LKS,Instrumen penilaian,dan menyiapkan media/alat/bahan)
• Menyiapkan media pembelajaran
• Menyusun instrumen penelitian
• Mendiskusikan dengan rekan sejawat yang akan diminta menjadi observer.
b. Pelaksanaan
• Pelaksanaan penelitian akan dilakukan selama 2 siklus. Siklus 1 melaksanakan pembelajaran menulis pokok-pokok karangan,siklus 2 melaksanaan pembelajaran menulis karangan mengembangkan poko-poko karangan .
• Mengembangkan perangkat pembelajaran (RPP,LKS,Instrumen penilaian,dan menyiapkan media/alat/bahan yang digunakan ).
• Melaksanakan Pembelajaran sesuai RPP.
• Meminta rekan guru mengobservasi pembelajaran
• Pengumpulan data yang dilakukan melalui tes,observasi pembelajaran (dengan fokus pada aspek-aspek yang akan diteliti),wawancara siswa mengenai kesulitan siswa ketika menuangkan ide/gagasan ke dalam bentuk cerita/karangan.
C. Analisis
Analisis data di fokuskan pada peningkatan minat dan kemampuan menulis siswa dan deskripsi keterlaksanaan Pendekatan keterampilan proses dan penggunaan media gambar.
Analisis produk siswa berupa hasil karangan siswa melalui LKS akan dianalisis keruntutan tulisan siswa.

Daftar Pustaka
BNSP,2006,Standar Kompetensi Mata Pelajaran Bahasa Indonesia SD/MI,Jakarta:BNSP
Elina Syarif,Zulkarnaini,Sumarmo,2009, Pembelajaran Menulis,Jakarta Departemen Pendidikan Nasional.
Rahadi,Aristo,2003,Media Pembelajaran,Jakarta Departemen Pendidikan Nasional.










2 komentar:

  1. Selamat . . . atas posting Proposal PTK oleh Ibu Nani Hasanah.
    Saya turut belajar Bu . . .
    Sudah dilaksanakan ?
    Bagaimana Proses dan hasilnya Bu ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sudah Pak,Alhamdulilah hasilnya cukup memuaskan anak belajarnya lebih bersemangat dan mengembangkan kalimat pokoknyapun sudah lebih baik,hanya saja untuk EYD anak masih kurang maksimal,mohon masukannya ya!!! Maakasih.

      Hapus