Kamis, 31 Mei 2012

Laporan Hasil TNA


 











LAPORAN
HASIL ANALISIS KEBUTUHAN DIKLAT
( TRAINING NEED ANALYSIS )





KELOMPOK KERJA GURU
GUGUS TAMPOMAS








DINAS PENDIDIKAN PEMUDA DAN OLAH RAGA KECAMATAN PAGEDONGAN
KABUPATEN BANJARNEGARA
JAWA TENGAH
2012




 

 


LAPORAN
HASIL ANALISIS KEBUTUHAN DIKLAT
( TRAINING NEED ANALYSIS )

GUGUS TAMPOMAS
UPT DINDIKPORA KECAMATAN PAGEDONGAN
KABUPATEN BANJARNEGARA
TAHUN 2012


Ketua                                     : SUPARNO
Bendahara                           : KOESWATI
Sekretaris                             : SUMINO
Alamat Sekretariat              : SD Negeri 1 Gentansari
Jl. Raya Gentansari Km. 09 .    Pagedongan – Banjarnegara


Pagedongan ,2 April 2012

Ketua
KKG Gugus Tampomas




( SUPARNO )
Sekretaris
KKG Gugus Tampomas




( SUMINO,S.Pd.SD )










DAFTAR ISI



Halaman Judul   ................................................................................................................i
Daftar isi ...........................................................................................................................ii
Daftar Lampiran ...............................................................................................................iii

 I. PENDAHULUAN
  1. Latar Belakang.......................................................................................................1
  2. Tujuan ...................................................................................................................3


 II.  PELAKSANAAN TNA
  1. Tempat dan Waktu................................................................................................7
  2. Alat dan Bahan....................................................................................................12
  3. Prosedur TNA......................................................................................................15
  4. Pemecahan Masalah ..........................................................................................16

III. HASIL  DAN PEMBAHASAN TNA
  1. Hasil TNA.............................................................................................................17
  2. Temuan ,Pembahasan,dan Alternatif Pemecahan Masalah................................22

 IV. PROGRAM TINDAK LANJUT
A.   Struktur Program Kegiatan KKG Program BERMUTU Tahun 2012

 V.  PENUTUP



















DAFTAR LAMPIRAN


Lampiran 1  : Format TNA 01
Lampiran 2  : Format TNA 02
Lampiran 3 : Format TNA 03
Lampiran 4  : Format TNA 04
Lampiran 5  : Rekapitulasi Perkiraan Bobot Waktu




































BAB I
PENDAHULUAN

A. Latar Belakang
            Pemerintah Indonesia, saat ini melalui Departemen Pendidikan telah mengeluarkan Undang – undang nomor 14 tahun 2005 tentang Guru dan Dosen,.Undang – undang tersebut berimplikasi terhadap peningkatan kompetensi guru melalui uji sertifikasi dan peningkatan kualifikasi pendidikan guru.
Untuk peningkatan kualifikasi guru maka Pemerintah melaksanakan Program BERMUTU (Better Education throug Reformed Management and Universal Teacher Upgrading). Dengan melalui  Program BERMUTU diharapkan dapat menciptakan proses sertifikasi,peningkatan kualifikasi guru serta pengembangan profesional guru secara berkelanjutan.
Indikator keberhasilan Program BERMUTU di tingkat Kelompok Kerja Guru adalah,(1) pengembangan kurikulum dan Silabus (2) Pengembangan Rencana Program Pembelajaran, (3) pelaksanaan kajian kritis dan pendalaman terhadap materi pembelajaran,(4) mengembangkan analisis butir soa dan bank soal,(5) Pelaksanaan Penelitiaan Tindakan Kelas (PTK) (6) Penulisan jurnal belajar, (&) pemantauan kualitas guru, (8) pemetaan kompetensi guru melalui evaluasi kinerja guru,hasil kegiatan dari kelompok kerja guru adalah berupa;
-       Kurikulum,Silabus dan RPP
-       Lembar Kerja Siswa
-       Lembar Kerja Guru
-       Analisis butir soal dan bank soal
-       Laporan PTK
-       Jurnal belajar
-       Model pembelajaran
-       Portofolio dan hasil kerja kajian kritis
-       Peta kompetensi guru

Agar keberhasilan pencapaian indikator ditingkat kelompok kerja khususnya di kelompok KKG Gugus tampomas dapat tercapai dengan maksimal maka perlu diadakan “Analisis Kebutuhan Diklat” yang nantinya akan digunakan untuk menentukan mata diklat yang benar – benar dibutuhkan oleh anggota KKG Gugus Tampomas
Langkah awal dalam pelaksanaan diklat adalah melakukan Analisis Kebutuhan Diklat. Selanjutnya hasil dari Analisis Kebutuhan Diklat akan digunakan untuk menyusun program diklat yang akan dilaksanakan agar kegiatan lebih terarah dan sesuai dengan kebutuhan anggota.

B.    Tujuan
Tujuan yang hendak dicapai adalah agar guru dapat melakukan analisis kebutuhan diklat melalui metode yang ilmiah,mudah, dan tepat
Tujuan yang hendak dicapai adalah:
1. Guru mampu mlakukan persiapan TNA.
2. Guru mampu mengumpulkan data TNA.
3. Guru mampu mengidentifikasi dan menganalisis kesenjamgan Diklat.
4. Guru mampu menggambarkan kebuuhan materi Diklat
5. Guru mampu mengalokasikan waktu per mata Diklat.
6. Guru mampu menyusun strategi dan metode penyajian materi pelajaran sesuia dengan tingkat kebutuhan peserta.
7. Guru mampu menyusun kebutuhan Diklat di kelompok kerja da sekolah masing-masing.




















BAB II

  PELAKSANAAN TNA


A. Tempat dan Waktu

            Analisis Kebutuhan Diklat KKG Gugus Tampomas dilaksanakan bertempat di SD INTI yaitu SD Negeri 1 Gentansari,yang dilaksanakan pada hari sabtu,tanggal 24 Maret 2012,yang diikuti oleh seluruh anggota KKG Gugus Tampomas sejumlah 42 orang.

B. Alat dan Bahan
            Alat yang digunakan berupa instrumen Format Training Need Analysis ,sebagai berikut :.
            Format: TNA01

FORMAT TRAINING NEEDS ASESSMENT
UNTUK GURU (INDIVIDUAL)

Nama Guru                           :
Nomer Sampel                    :
Lokasi                                   : KKG Gugus Tampomas
Tanggal Pengisian                        : 24 Maret 2012

No
Mata Tataran
Tingkat Penguasaan Materi (%)
0
10
20
30
40
50
60
70
80
90
100
1
KTSP/SILABUS/RPP











2
MODEL PEMBELAJARAN











3
PENILAIAN/











4
TIK











5
PTK











6
KAJIAN KRITIS











7
LESSON STUDY











8
MEDIA PEMBELAJARAN











9
KOMPETENSI GURU











10
PENDALAMAN MATERI MATA PELAJARAN
(MODUL P4TK)











11
LEARNING JOURNAL











12
PENYUSUNAN BUTIR SOAL DAN ANALISIS BUTIR SOAL











                                                                                        
 Pagedongan, 24 Maret 2012   
   Guru Yang bersangkutan




                  (.................................)






































  FORMAT: TNA 02

REKAPITULASI PENGUASAAN MATERI
UNTUK KEPALA SEKOLAH/PENGAWAS SEKOLAH

Nama Diklat
:

Jumlah Sampel
:

Lokasi
:

Tanggal Penyebaran
:


No
Mata Tataran
Tingkat Penguasaan Materi (%)
Total (%)
Rata-rata (%)
0
10
20
30
40
50
60
70
80
90
100
1
KTSP/SILABUS/RPP













2
MODEL PEMBELAJARAN













3
PENILAIAN/













4
TIK













5
PTK













6
KAJIAN KRITIS













7
LESSON STUDY













8
MEDIA PEMBELAJARAN













9
KOMPETENSI GURU













10
PENDALAMAN MATERI MATA PELAJARAN
(MODUL P4TK)













11
LEARNING JOURNAL













12
PENYUSUNAN BUTIR SOAL DAN ANALISIS BUTIR SOAL













                                                                       
Pagedongan,,……………………2012
Ketua Kelompok
KKG Gugus Tampomas





(SUPARNO,S.Pd)























FORMAT : TNA 03


FORMAT REKAPITULASI
TRAINING NEEDS ASESSMENT


Nama Kelompok
:
KKG Gugus Tampomas
Jumlah  Anggota
:
42
Kecamatan/Kabupaten
:
Pagedongan/Banjarnegara
Provinsi
:
Jawa Tengah



No
Mata Tataran
Tingkat Penguasaan Rata-Rata (%)
Kategori Kebutuhan Diklat
Jumlah Peserta
1
KTSP/SILABUS/RPP



2
MODEL PEMBELAJARAN



3
PENILAIAN/



4
TIK



5
PTK



6
KAJIAN KRITIS



7
LESSON STUDY



8
MEDIA PEMBELAJARAN



9
KOMPETENSI GURU



10
PENDALAMAN MATERI MATA PELAJARAN
(MODUL P4TK)



11
LEARNING JOURNAL



12
PENYUSUNAN BUTIR SOAL DAN ANALISIS BUTIR SOAL



Pagedongan,,……………………2012
Ketua Kelompok
KKG Gugus Tampomas





(SUPARNO,S.Pd)























C. Prosedur TNA
           
            Pengisian Intrumen TNA  dilakukan dengan cara memberi tanda
     Check list (v) pada kolom  tingkat penguasaan materi masing-masing sub komponen.




Prosedur pelaksanaan TNA

Persiapan TNA
 
                                   

Pengumpulan
 Data

Pengolahan,analisis dan Interprestasi Data
 





















BAB III
HASIL DAN PEMBAHASAN TNA

A. Hasil TNA
            Hasil kegiatan Analisis Kebutuhan Diklat berupa Intrumen yang telah di isi oleh masing-masing anggota KKG Gugus  Tampomas,yang diolah menjadi kebutuhan Mata Diklat pada kegiatan KKG berikutnya.Data hasil  Analisis Kebutuhan Diklat terlampir.

B. Temuan, Pembahasan, dan Alternatif Pemecahan Masalah.
            Berdasarkan Intrumen Individu  Analisis Kebutuhan Diklat yang telah diperoleh dari masing-masing anggota KKG Gugus Tampomas,maka Pengurus KKG Gugus Tampomas melakukan analisis terhadap Format TNA 03 dengan demikian ditemukan mata Diklat dengan kategori MK (Must Know) dan SK (Should Know) yang berarti mata diklat tersebut merupakan kebutuhan Kelompok KKG Gugus Tampomas.
            Berdasarkan temuan dari Format 03 (terlampir),pengurus merekapitulasi hasil temuan untuk menentukan perkiraan bobot waktu (Format TNA 04,terlampir) setiap komponen,yang dapat digunakan untuk penyusunan program Diklat.















BAB IV
PROGRAM TINDAK LANJUT

Program tindak lanjut dari Kelompok KKG Gugus Tampomas tersusunnya Draf  Struktur Program Diklat,sebagai berikut :

STRUKTUR PROGRAM DIKLAT GURU SD
KELOMPOK KKG
GUGUS TAMPOMAS
Pola 90 Jp

No
Mata Tataran
Alokasi Waktu
1
KTSP/SILABUS/RPP
7
2
MODEL PEMBELAJARAN
7
3
PENILAIAN/EVALUASI
7
4
TIK
13
5
PTK
9
6
KAJIAN KRITIS
7
7
LESSON STUDY
7
8
MEDIA PEMBELAJARAN
7
9
KOMPETENSI GURU
7
10
PENDALAMAN MATERI MATA PELAJARAN
(MODUL P4TK)
7
11
LEARNING JOURNAL
5
12
PENYUSUNAN BUTIR SOAL DAN ANALISIS BUTIR SOAL
7






BAB V
PENUTUP
DAFTAR LAMPIRAN  :
Lampiran 1  : Format TNA 01                                                                                
Format: TNA01

FORMAT TRAINING NEEDS ASESSMENT
UNTUK GURU (INDIVIDUAL)

Nama Guru               :
Nomer Sampel        :
Lokasi                       : KKG Gugus Tampomas
Tanggal Pengisian            : 24 Maret 2012

No
Mata Tataran
Tingkat Penguasaan Materi (%)
0
10
20
30
40
50
60
70
80
90
100
1
KTSP/SILABUS/RPP











2
MODEL PEMBELAJARAN











3
PENILAIAN/











4
TIK











5
PTK











6
KAJIAN KRITIS











7
LESSON STUDY











8
MEDIA PEMBELAJARAN











9
KOMPETENSI GURU











10
PENDALAMAN MATERI MATA PELAJARAN
(MODUL P4TK)











11
LEARNING JOURNAL











12
PENYUSUNAN BUTIR SOAL DAN ANALISIS BUTIR SOAL











                                                                                        
          Pagedongan, 24 Maret 2012   
            Guru Yang bersangkutan


                                                                                     (..............................)


Lampiran 2  : Format TNA 02
FORMAT : TNA 02
FORMAT TRAINING NEEDS ASESSMENT
REKAPITULASI PENGUASAAN MATERI


Jumlah Sampel
:
42
Lokasi
:
KKG Gugus Tampomas
Tanggal Penyebaran
:
31 Maret 2012




No
Kompetensi
Tingkat Penguasaan
Total        (x)
Rata-rata     (%)
10
20
30
40
50
60
70
80
90
100
1
KTSP / Silabus





8
23
7
4

3010
71,66667
2
Model Pembelajaran




5
34
2
1


2510
59,7619
3
Penilaian dan  evaluasi




2
2
32
4
2

3140
74,7619
4
TIK



8
24
3
5
2


1890
45
5
PTK



4
15
16
7



2200
52,38095
6
Kajian Kritis





5
29
6
2

2330
55,47619
7
Lesson Study






34
4
4

3060
72,85714
8
Media Pembelajaran




2
5
24
11


2980
70,95238
9
Kompetensi Guru





5
21
16


3050
72,61905
10
Pendalaman Materi Mata Pelajaran




2
3
4
17
16

3360
80
11
Learning Journal






30
8
4

3100
73,80952
12
Penyusunan Butir Soal dan Analisis Butir Soal




7
20
10
5


2650
63,09524

Total  :










2773,33
66,03175

Rata - rata :










198,095
4,716553

Pagedongan,,………………2012
Ketua KKG
Gugus Tampomas



(SUPARNO)











Lampiran 3 : Format TNA 03
FORMAT : TNA 03
FORMAT REKAPITULASI
TRAINING NEEDS ASESSMENT

Nama Kelompok
:
KKG Gugus Tampomas
Jumlah  Anggota
:
42
Kecamatan/Kabupaten
:
Pagedongan/Banjarnegara
Provinsi
:
Jawa Tengah

No
Mata Tataran
Tingkat Penguasaan Rata – rata (%)
Kategori
Kebutuhan Diklat
Jumlah Peserta
1.
KTSP/SILABUS/RPP
71
SK
42
2.
MODEL PEMBELAJARAN
59
NK
42
3.
PENILAIAN/
74
SK
42
4.
TIK
45
NK
42
5.
PTK
52
NK
42
6.
KAJIAN KRITIS
55
NK
42
7.
LESSON STUDY
72
SK
42
8.
MEDIA PEMBELAJARAN
70
SK
42
9.
KOMPETENSI GURU
72
SK
42
10.
PENDALAMAN MATERI MATA
PELAJARAN (MODUL P4TK)
80
SK
42
11
LEARNING JOURNAL
73
SK
42
12.
PENYUSUNAN BUTIR SOAL DAN ANALISIS BUTIR SOAL
63
NK
42
Pagedongan,,31     Maret        2012
Ketua Kelompok
KKG Gugus Tampomas



( SUPARNO )






Lampiran 4  : Format TNA 04
FORMAT : TNA 04
FORMAT REKAPITULASI KEBUTUHAN DIKLAT
TRAINING NEEDS ASESSMENT
DAN PERKIRAAN REKAPITULASI DISTRIBUSI BOBOT WAKTU

Nama Diklat
:
Penilaian dan Evaluasi
Nama Kelompok
:
KKG Gugus Tampomas
Jumlah  Anggota
:
42
Kecamatan/Kabupaten
:
Pagedongan/Banjarnegara
Provinsi
:
Jawa Tengah

No
Mata Tataran
Tingkat Penguasaan Rata – rata (%)
Kategori
Waktu
Bobot Waktu
1.
KTSP/SILABUS/RPP
71
SK
3
2.
MODEL PEMBELAJARAN
59
NK
3
3.
PENILAIAN/
74
SK
3
4.
TIK
45
NK
6
5.
PTK
52
NK
4
6.
KAJIAN KRITIS
55
NK
3
7.
LESSON STUDY
72
SK
3
8.
MEDIA PEMBELAJARAN
70
SK
3
9.
KOMPETENSI GURU
72
SK
3

10.


PENDALAMAN MATERI MATA
PELAJARAN (MODUL P4TK)
80
SK
3
11.
LEARNING JOURNAL
73
SK
2
12.
PENYUSUNAN BUTIR SOAL DAN ANALISIS BUTIR SOAL
63
NK
3

Pagedongan,,31     Maret        2012
Ketua Kelompok
KKG Gugus Tampomas


( SUPARNO )





Lampiran 5  : Rekapitulasi Perkiraan Bobot Waktu
PENENTUAN ALOKASI WAKTU
 UNTUK PENYUSUNAN STRUKTUR PROGRAM DIKLAT

Nama Diklat
:
Penilaian dan Evaluasi
Nama Kelompok
:
KKG Gugus Tampomas
Jumlah  Anggota
:
42
Kecamatan/Kabupaten
:
Pagedongan/Banjarnegara
Provinsi
:
Jawa Tengah

No
Mata Tataran
Tingkat Penguasaan Rata – rata (%)
Kategori
Waktu
Bobot Waktu
Alokasi Waktu dalam Struktur Program
Perkiraan pertemuan dalam kel kerja
1.
KTSP/SILABUS/RPP
71
SK
3
3x64/39=4.92
1
2.
MODEL PEMBELAJARAN
59
NK
3
3x64/39=4.92
2
3.
PENILAIAN/EVALUASI
74
SK
3
2x64/39=9.8
1
4.
TIK
45
NK
6
6x64/39=4.92
2
5.
PTK
52
NK
4
4x64/39=4.92
2
6.
KAJIAN KRITIS
55
NK
3
3x64/39=4.92
1
7.
LESSON STUDY
72
SK
3
3x64/39=4.92
1
8.
MEDIA PEMBELAJARAN
70
SK
3
3x64/39=4.92
1
9.
KOMPETENSI GURU
72
SK
3
3x64/39=4.92
1

10.


PENDALAMAN MATERI MATA
PELAJARAN (MODUL P4TK)
80
SK
3
3x64/39=4.92
1
11.
LEARNING JOURNAL
73
SK
2
2x64/39=4.92
1
12.
PENYUSUNAN BUTIR SOAL DAN ANALISIS BUTIR SOAL
63
NK
3
3x64/39=4.92
2
Total
39
64 Jam
16
Pertemuan
  Pagedongan,,31     Maret        2012

Ketua Kelompok
KKG Gugus Tampomas




( SUPARNO )

















PERKIRAAN ALOKASI WAKTU DIKLAT
UNTUK SETIAP KOMPETENSI


Nama Diklat
:
Penilaian dan Evaluasi
Nama Kelompok
:
KKG Gugus Tampomas
Jumlah  Anggota
:
42
Kecamatan/Kabupaten
:
Pagedongan/Banjarnegara
Provinsi
:
Jawa Tengah

No
Kompetensi
Tingkat Penguasaan Rata – rata (%)
Kategori
Waktu
Bobot Waktu
Alokasi Waktu dalam Struktur Program
1.
KTSP/SILABUS/RPP
71
SK
3
7
2.
MODEL PEMBELAJARAN
59
NK
3
7
3.
PENILAIAN/
74
SK
3
7
4.
TIK
45
NK
6
13
5.
PTK
52
NK
4
9
6.
KAJIAN KRITIS
55
NK
3
7
7.
LESSON STUDY
72
SK
3
7
8.
MEDIA PEMBELAJARAN
70
SK
3
7
9.
KOMPETENSI GURU
72
SK
3
7

10.


PENDALAMAN MATERI MATA
PELAJARAN (MODUL P4TK)
80
SK
3
7
11.
LEARNING JOURNAL
73
SK
2
5
12.
PENYUSUNAN BUTIR SOAL DAN ANALISIS BUTIR SOAL
63
NK
3
7
Pagedongan, 31   Maret     2012
Ketua Kelompok
KKG Gugus Tampomas



( SUPARNO )


Tidak ada komentar:

Posting Komentar