Sabtu, 16 Juni 2012

PENULISAN PROPOSAL KKG BERMUTU 2012


KETENTUAN PENULISAN PROPOSAL TAHUN 2012

 Ketentuan & Sistematika penulisan proposal pengajuan DBL KKG BERMUTU

1.       HALAMAN JUDUL

2.       HALAMAN PENGESAHAN
Halaman pengesahan ditandatangani oleh Ketua Kelompok/Musyawarah Kerja/Forum  dan diketahui oleh :
a.       Bagi KKG/KKKS disyahkan oleh Kepala Dinas Pendidikan Kecamatan/UPTD
b.      Bagi MGMP/MKKS/KKPS/MKPS/Forum disyahkan oleh Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten.
Contoh: lihat lampiran 1.

  1. KATA PENGANTAR

  1. DAFTAR ISI

  1. BAB I. PENDAHULUAN
A.   Latar Belakang
§  Gambarkan pendidikan di kabupaten Anda
§  Uraikan permasalahan pendidikan yang dihadapi oleh siswa dalam kegiatan pembelajaran, prestasi belajar dan profesionalisme guru (untuk KKG/MGMP); kepala sekolah (untuk KKKS.MKKS) dan pengawas sekolah (untuk KKPS/MKPS) dan permasalahan yang muncul didalam pelaksanaan kegiatan kelompok/musyawarah kerja Anda pada tahun sebelumnya.
§  Gambarkan komitmen kelompok/musyawarah kerja Anda dalam menyelesaikan permasalahan pendidikan di lingkungan sekitar kelompok/musyawarah kerja Anda tersebut.
§  Uraikan sumber dana yang diperlukan kelompok/musyawarah kerja Anda untuk peningkatan mutu guru (untuk KKG/MGMP); kepala sekolah (untuk KKKS.MKKS) dan pengawas sekolah (untuk KKPS/MKPS).
§  Gambarkan program-program peningkatan mutu pendidikan yang telah kelompok/musyawarah kerja Anda lakukan.

B.   Tujuan
§  Sesuaikan dengan rumusan masalah di latar belakang
§  Kaitkan dengan peningkatan kompetensi guru (untuk KKG/MGMP); kepala sekolah (untuk KKKS.MKKS) dan pengawas sekolah (untuk KKPS/MKPS).
§  Kaitkan dengan permasalahan pembelajaran di sekolah.

C.   Hasil yang Diharapkan
§  Sesuaikan dengan rumusan tujuan.



D.   Sasaran
§  Pertimbangkan kategori guru (untuk KKG/MGMP); kepala sekolah (untuk KKKS.MKKS) dan pengawas sekolah (untuk KKPS/MKPS) berdasarkan kualifikasi akademiknya.
§  Pertimbangkan kategori guru (untuk KKG/MGMP); kepala sekolah (untuk KKKS.MKKS) dan pengawas sekolah (untuk KKPS/MKPS) berdasarkan kompetensinya.
§  Pertimbangkan kategori kondisi sekolah tempat guru (untuk KKG/MGMP); kepala sekolah (untuk KKKS.MKKS) dan pengawas sekolah (untuk KKPS/MKPS) bertugas.
§  Pertimbangkan kinerja guru (untuk KKG/MGMP); kepala sekolah (untuk KKKS.MKKS) dan pengawas sekolah (untuk KKPS/MKPS) termasuk angka kredit yang telah dimiliki.

E.    Manfaat
§  Gambarkan kemanfaatan untuk meningkatkan kualitas kompetensi guru (untuk KKG/MGMP); kepala sekolah (untuk KKKS.MKKS) dan pengawas sekolah (untuk KKPS/MKPS) peserta diklat.
§  Gambarkan kemanfaatan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran guru (untuk KKG/MGMP); kepala sekolah (untuk KKKS.MKKS) dan pengawas sekolah (untuk KKPS/MKPS) di sekolah peserta peserta.
§  Gambarkan kemanfaatan untuk meningkatkan kualitas layanan pendidikan pendidikan guru (untuk KKG/MGMP); kepala sekolah (untuk KKKS.MKKS) dan pengawas sekolah (untuk KKPS/MKPS).
§  Gambarkan kemanfaatan untuk meningkatkan kualitas guru (untuk KKG/MGMP); kepala sekolah (untuk KKKS.MKKS) dan pengawas sekolah (untuk KKPS/MKPS).


6.       BAB II DESKRIPSI PELAKSANAAN KEGIATAN
(Gambaran pelaksanaan kegiatan DBL satu tahun terakhir yang telah guru (untuk KKG/MGMP); kepala sekolah (untuk KKKS.MKKS) dan pengawas sekolah (untuk KKPS/MKPS) lakukan, lengkapi dengan bukti-bukti yang ada).
A.      Laporan Pelaksanaan Kegiatan
§  Tuliskan laporan kegiatan memuat semua aktivitas yang telah disetujui dan mendapat persetujuan dari LPMP  satu tahun terakhir. 
§  Gambarkan hasil evaluasi kegiatan kelompok/musyawarah kerja dalam satu tahun terakhir.
§  Gambarkan permasalahan guru (untuk KKG/MGMP); kepala sekolah (untuk KKKS.MKKS) dan pengawas sekolah (untuk KKPS/MKPS) yang muncul satu tahun terakhir dan upaya pemecahannya.
§  Gambarkan implementasi hasil aktivitas guru (untuk KKG/MGMP); kepala sekolah (untuk KKKS.MKKS) dan pengawas sekolah (untuk KKPS/MKPS) dalam pelaksanaan proses pembelajaran di sekolah.

B.   Strategi dan Metode Pelaksanaan Program
§  Gambarkan bagaimana penyelenggaraan oleh kelompk/musyawarah kerja.
§  Gambarkan bagaimana kesesuaian strategi dan metode dengan tujuan pencapaian kegiatan.
§  Gambarkan bagaimana kesesuaian strategi dan metode dengan kondisi sarana dan prasarana.
§  Gambarkan bagaimana, apakah supervise melibatkan salah satu atau gabungan dari Dinas Pendidikan Kabupaten/Kecamatan/UPTD.



C.   Sistem Dokumentasi Kegiatan
§  Gambarkan, bagaimana sistem dokumentasi kelompok/musyawarah kerja Anda disusun sesuai dengan pedoman DBL.
§  Gambarkan, apakah sistem dokumentasi kelompok/musyawarah kerja Anda telah dilengkapi semua data administrasi kegiatan yang diminta.
§  Gambarkan, bagaimana sistem dokumentasi kelompok/musyawarah kerja Anda telah dilengkapi dengan semua data administrasi keuangan yang diminta (laporan pertanggungjawaban keuangan disusun berdasarkan kegiatan yang telah dilaksanakan dan bukti pengeluaran nyata dari pemberi jasa/penyedia barang: nota pembelian, kwitansi).
§  Gambarkan, apakah sistem dokumentasi kelompok/musyawarah kerja Anda telah diserahkan sesuai jadwal yang telah ditetapkan.

D.      Kualitas Program
§  Gambarkan, kaitan kualitas program kelompok.musyawarah kerja Anda dengan kompetensi guru (untuk KKG/MGMP: 4 kompetensi); kepala sekolah (untuk KKKS.MKKS: 5 kompetensi) dan pengawas sekolah (untuk KKPS/MKPS: 6 kompetensi).
§  Gambarkan, kaitan kualitas program kelompok/musyawarah kerja Anda dengan kebutuhan peningkatan kualitas pembelajaran di sekolah.
§  Gambarkan, kaitan  kualitas program kelompok/musyawarah kerja Anda dengan gagasan pengembangan keprofesian berkelanjutan.
§  Gambarkan, kaitan kualitas program kelompok/musyawarah kerja Anda dengan penerapan hasil pelatihan/pertemuan di kelompok/musyawarah kerja/forum yang membawa dampak pada perbaikan kegiatan belajar mengajar di kelas, antara lain penerapan metode pembelajaran yang bervariasi, yang meningkatkan minat dan kemampuan siswa.

E.       Frekuensi Kegiatan
(Jelaskan berapa frekuensi kegiatan kelompok/musyawarah kerja Anda per tahun ajaran).

F.       Keterlibatan Peserta
(Jelaskan berapa persen keterlibatan anggota kelompok/musyawarah kerja Anda dalam kegiatan).

G.     Pelaksanaan Program
§  Berikan alasan, mengapa pelaksanaan program kelompok/musyawarah kerja Anda harus tergambar dengan jelas dan tegas.
§  Berikan alasan ,mengapa pelaksanaan program kelompok/musyawarah kerja Anda harus relevan dengan upaya peningkatan kualitas pembelajaran di sekolah.
§  Berikan alasan, mengapa pelaksanaan program kelompok/musyawarah kerja Anda harus relevan dengan peran kelompok kerja guru dan kepala sekolah.
§  Berikan alasan, mengapa  pelaksanaan program kelompok/musyawarah kerja Anda perlu didukung oleh data dan fakta di lapangan.


H.      Tempat Pelaksanaan
(Uraikan dimana tempat pelaksanaan kegiatan kelompok/musyawarah kerja Anda: Kantor Dinas Pendidikan, Sekolah Inti, Sekolah Imbas, Gedung Pertemuan).

7.       BAB III RENCANA PELAKSANAAN PROGRAM
A.      Penyusunan Perencanaan Kegiatan Kelompok
Gambarkan perencanaan kegiatan ini dapat Anda susun berdasarkan TNA tahun sebelumnya, potensi yang dimiliki oleh kelompok/musyawarah kerja Anda, permasalahan yang muncul dari pelaksanaan proses pembelajaran di kelas, dan hasil analisis kebutuhan guru akan peningkatan kompetensinya.

B.      Strategi dan Metode
Gambarkan, apakah strategi dan metode rencana pelaksanaan program ini dapat Anda laksanakan di tingkat kelompok/musyawarah kerja.

C.      Materi Kegiatan
Uraikan bahwa materi kegiatan yang akan Anda laksanakan ini penting, mendesak, dan luas bagi anggota kelompok/musyawarah kerja.

D.      Narasumber
Jelaskan, bahwa narasumber yang akan Anda undang adalah sesuai dengan kepakaran, sesuai dengan masalah, kualifikasi yang memdai, dan mudah diperoleh.

E.       Waktu/Jadwal Pelaksanaan
Paparkan waktu/jadwal kegiatan yang akan Anda laksanakan lengkap dan rinci.

F.       Tempat pelaksanaan
Jelaskan, tempatr kegiatan yang akan Anda gunakan, apakah di: Kantor dinas Pendidikan, Sekolah Inti, Sekolah Imbas, Gedung Pertemuan.

G.     Rencana Pemantauan dan EValuasi
Jelaskan, apakah rencana pemantauan dan evaluasi pelaksanaan program ini Anda lakukan sejak persiapan, saat pelaksanaan, dan akhir kegiatan. Sebutkan siapa yang akan memantau dan mengevaluasi pelaksanaan program tersebut.

H.      Rencana Pelaporan
Jelaskan, apakah laporan akan Anda buat dalam bentuk laporan bulanan/triwulan, tengah tahun, dan akhir tahun.


8.       LAMPIRAN

a.    Susunan pengurus yang disahkan oleh Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota.
b.    Rencana Anggaran Biaya Th. 2012
c.    Fotocopy bukti-bukti pengeluaran anggaran DBL KKG/ FKKG untuk kegiatan yang telah dilaksanakan setiap  tahun ajaran sekolah.
d.    Rekap pelaksanaan kegiatan yang telah dilaksanakan setiap  tahun ajaran sekolah.
e.    Daftar hadir peserta setiap kegiatan setiap tahun ajaran sekolah.
f.     Profil Kelompok/musyawarah kerja yang terbaru
g.    Daftar besarnya blockgrant yang akan diterima th. 2012 :

No
Sanggar
Besar DBL
1
KKG
Rp.  11.000.000
2
MGMP
Rp.  17.000.000
3
KKKS
Rp.  42.000.000
4
MKKS
Rp.  33.000.000
5
KKPS
Rp.  68.000.000
6
MKPS
Rp.  62.000.000
7
FKKG
Rp. 13.000.000
8
FMGMP
Rp. 11.000.000
9
FKKKS
Rp. 8.000.000
10
FMKKS
Rp. 5.300.000

Tidak ada komentar:

Posting Komentar