Kamis, 14 Juni 2012

Laporan Akhir Tahun KKG Gugus Tampomas Tahun ke-2


Profil Pengurus KKG Gugus Tampomas Periode 2009-2012.
Sesaat setelah menyelesaikan Laporan Akhir Tahun KKG Gugus Tampomas Tahun Ke-2 






LAPORAN
PELAKSANAAN KEGIATAN
KELOMPOK KERJA GURU ( KKG )
 PROGRAM BERMUTU 2011







                      KELOMPOK KERJA           : KKG GUGUS TAMPOMAS
ALAMAT SEKRETARIAT   : Jl.Raya Gentansari Km. 09 .  Pagedongan – Banjarnegara 
PERIODE                                : 2011 – 2012











DINAS PENDIDIKAN PEMUDA DAN OLAHRAGA
KABUPATEN BANJARNEGARA
TAHUN 2012





HALAMAN PENGESAHAN


LAPORAN PENGGUNAAN DANA BANTUAN LANGSUNG
KKG GUGUS TAMPOMAS

Kecamatan                  : Pagedongan
Kabupaten / Kota       : Banjarnegara
Provinsi                      : Jawa Tengah
Tahun                                      : 2011


Ketua                           : SUPARNO,S.Pd.SD
Bendahara                  : KOESWATI
Sekretaris                    : SUMINO,S.Pd.SD
Alamat Sekolah Inti   : SD Negeri 1 Gentansari
               Jl. Raya Gentansari Km. 09 . Pagedongan – Banjarnegara 



 Pagedongan , 4 April 2012
                    
          Mengetahui
           Kepala UPT Dindikpora                                                   Ketua
           Kecamatan Pagedongan                                      KKG Gugus Tampomas
              



              Drs. Suwarno,M.Pd                                                 Suparno,S.Pd. SD
        NIP.  19600818 197911 1 001                              NIP. 19561015 197512 1 001    



Laporan kegiatan KKG Gugus Tampomas, Kecamatan Pagedongan , Kabupaten Banjarnegara telah diteliti dan disetujui oleh :

  1. Nama                            : WAHIDIN.S.Pd
Jabatan                        : Pengawas TK / SD
Alamat Instansi           : UPT Dindikpora Kec.Pagedongan
Tanggal Pemeriksaan  : …………………….

  1. Nama                           : ABU DARIN,S.Ag
Jabatan                        : Ketua KKKS Kecamatan Pagedongan
Alamat Instansi           : Kepala SD Negeri 3 Pagedongan
Tanggal pemeriksaan  : ……………………………….





           Pagedongan, 4 April 2012


                 KKPS                                                                                  KKKS


WAHIDIN,S.Pd                                                             ABU DARIN,S.Ag




KATA PENGANTAR

Puja dan puji syukur kami panjatkan kehadirat Alloh SWT, karena atas limpahan rahmat,taufik serta kesehatan kami anggota dan pengurus KKG Gugus Tampomas UPT Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kecamatan Pagedongan dapat menyelesaikan kegiatan KKG BERMUTU tahun ke II dengan lancar selamat tanpa halangan suatu apapun. Sehubungan dengan telah selesainya kegiatan KKG bermutu yaitu 1 kali kegiatan In Service dan 16 kali pertemuan kegiatan On Servie.
Puji syukur juga kami panjatkan ke hadirat Alloh SWT, karena atas kerjasama antar anggota beserta pengurus KKG Gugus Tampomas kami pengurus dapat menyelesaikan laporan kegiatan KKG BERMUTU ini. Kami percaya tanpa bantuan dari anggota dan semua pihak yang terkait mungkin laporan ini belum dapat kami selesaikan.
Program BERMUTU ( Better Education through Reformed Management and Universal Teacher Upgrading ) adalah suatu program yang berupaya untuk merevitalisasi KKG yang ada, dan membentuk FKKG agar kegiatan yang sudah dilakukan di setiap KKG dapat memberikan manfaat dalam meningkatkan kompetensi dan kinerja guru.Harapan dari program bermutu dapat memberikan kontribusi untuk menumbuh kembangkan budaya pembelajaran yang berpusat pada peserta didik dan kelas, sehingga akan berdampak pada peningkatan kualitas proses pembelajaran yang berujung pada peningkatan kualitas pendidikan secara menyeluruh. Dalam upaya pemberdayaan KKG tersebut, program BERMUTU menyediakan block grant ( Dana Bantuan Langsung ) yang akan diberikan secara langsung kepada KKG dan FKKG melalui Lembaga Penjamin Mutu Pendidikan         ( LPMP )
Ucapan terima kasih yang sebesar-besarnya juga kami sanpaikan kepada pemerintah yang telah memberikan Dana Bantuan Langsung ( DBL), Lembaga Penjamin Mutu Pendidikan ( LPMP ) yang telah menjembatani hingga diberikannya bantuan tersebut kepada Gugus Tampomas, Dinas–Dinas lainnya yang telah membantu demi kelancaran kegiatan KKG BERMUTU di Gugus Tampomas ini.
Kami sadar benar bahwa kami dalam menyusun laporan ini nasih banyak kekurangan disana – sini yang mungkin tidak sesuai dengan harapan yang diinginkan.Untuk itu kami mohon maaf yang sebesar- besarnya dan terima kasih atas segala kritik dan saran yang sifatnya membangun dari semua pihak. Harapan yang besar untuk terus maju dan berkembang mendorong kami untuk selalu optimis dalam meningkatkan kompetensi dan kinerja guru.





Pengurus KKG



















DAFTAR ISI



Halaman Judul   ............................................................................................................ i
Lembar Pengesahan ......................................................................................................ii
Daftar isi ......................................................................................................................iii
Daftar Lampiran ..........................................................................................................iv
Kata Pengantar ……………………………………………………………………….v

BAB I PENDAHULUAN
  1. LatarBelakang....................................................................................................1
  2. Tujuan ...............................................................................................................3
  3. Hasil yang diharapkan ......................................................................................4
  4. Sasaran ..............................................................................................................4
  5. Manfaat .............................................................................................................5

BAB II  PERENCANAAN  PROGRAM
  1. Perencanaan KegiatanKelompok ..................................................................... 6
1.      Tempat…………………………………………………………………….6
2.      Waktu……………………………………………………………………..6
3.      Sasaran…………………………………………………………………...12
4.      MateriKegiatan/StrukturProgram………………………………………..12
5.      Penyaji /Narasumber ……………………………………………………14
  1. Rencana Penggunaan DBL…………………………………………………..21
  2. Masalah ...........................................................................................................22
  3. PemecahanMasalah .........................................................................................14

BAB III HASIL  PELAKSANAAN KEGIATAN
  1. Proses/PelaksanaanKegiatan............................................................................24
1.      Diskripsi pelaksanaan pembahasan materi………………………………24
2.      Hasil /Produk kegiatan…………………………………………………...34
  1. Pertanggung jawaban Dana BantuanLangsung ……………………………..38

BAB IV RANGKUMAN HASIL EVALUASI  MANDIRI....................................40

BAB V KESIMPULAN DAN REKOMENDASI

A.Kesimpulan .......................................................................................................41
B. Rekomendasi ....................................................................................................41




BAB I
PENDAHULUAN

A. Latar Belakang
Program Bermutu diluncurkan dengan berfokus pada nilai tambah reformasi guru yang digagas pemerintah, dengan memperkuat hubungan antara proses sertifikasi dan pemberian tunjangan profesi untuk percepatan proses pembelajaran siswa. Kondisi pendidikan di Kabupaten Banjarnegara secara umum masih perlu pembenahan. Mulai dari kualitas kelulusan siswa yang masih relative rendah dan bahkan nilai rata-rata kelulusan pada tingkat Sekolah Dasar masih jauh dari harapan, kualifikasi guru yang ada di Kabupeten Banjarnegara masih banyak yang belum S1( terutama guru yang berusia 50 tahun keatas ) sehingga kualitas pembelajaran juga masih rendah, masih tingginya kesenjangan kualitas pendidikan di kota dan di desa, serta peran serta masyarakat akan pentingnya pendidikan juga masih sangat minim. Oleh karena itu peningkatan mutu pendidikan dilaksanakan oleh Dinas Pendidikan Kabupaten Banjarnegara dilakukan secara simultan terhadap berbagai pihak yang berkompeten secara langsung, yaitu pengawas, kepala sekolah dan guru. Peningkatan mutu pada komponen-komponen tersebut pada ujungnya berimplikasi terhadap peningkatan kualitas lulusan siswa sebagai outputnya. Pada tataran implementasinya kegiatan-kegiatan peningkatan mutu tersebut haruslah memenuhi standar-standar mutu yang telah ditetapkan. Penjaminan mutu sebagai suatu proses penetapan dan pemenuhan standar mutu pengelolaan secara konsisten dan berkelanjutan agar konsumen, produsen, dan pihak lain yang berkepentingan memperoleh kepuasan, haruslah melekat pada setiap komponen terutama guru sebagai ujung tombak pelaksanaan pendidikan.
Untuk itu Kelompok Kerja Guru ( KKG ) Gugus Tampomas Kecamatan PAGEDONGAN yang merupakan salah satu kelompok KKG yang berada di Kabupaten Banjarnegara turut berbenah untuk mencapai tujuan program tersebut. KKG Gugus Tampomas Kecamatan PAGEDONGAN mempunyai 57 anggota yang terdiri 43 Guru Kelas , 7 Guru penjaskes dan 7 guru Pendidikan Agama Islam. Gugus Tampomas yang terdiri dari 7 Sekolah Dasar yaitu SD Negeri 2 Lebakwangi, SD Negeri 1 Gentansari( SD inti ) SD Negeri 2 Gentansari, SD Negeri 3 Gentansari, SD Negeri 1 Twelagiri, SD Negeri 2 Twelagiri dan SD Negeri 1 Gunungjati. Sekolah – sekolah tersebut tersebar di empat desa yakni Desa Lebakwangi, Desa Gentansari, Desa Twelagiri dan Desa Gunungjati. Dengan kondisi di atas kemampuan anggota KKG perlu ditingkatkan demi adanya perbaikan pembelajaran yang pada muaranya adalah tercapainya tujuan pendidikan nasional. KKG sebagai salah satu wadah organisasi profesi menjadi wahana para anggota untuk meningkatkan kompetensi sebagai tenaga profesi pendidik. Hal ini tidaklah mudah karena banyak permasalahan dan kendala yang dihadapi, beberapa masalah yang dihadapi oleh kelompok kerja ini adalah sebagai berikut:
  1. Masih rendahnya kompetensi guru anggota KKG Gugus Tampomas Kecamatan PAGEDONGAN;
  2. Anggota tidak dapat memecahkan masalah yang timbul dalam pembelajaran di kelas.
  3. Anggota KKG masih belum menguasai PTK, terlihat dengan masih minimnya anggota yang melakukan PTK di lingkungan kerjanya.
  4. Sebagian besar anggota belum mempunyai ketrampilan ICT sehingga wawasan anggota terhadap pengoperasian komputer / laptop masih sangat terbatas
  5. Kurangnya sarana dan prasarana dalam kegiatan KKG( misalnya belum mempunyai LCD, ) sehingga dalam kegiatan KKG harus menyewa.
  6.  Belum diakuinya hasil belajar anggota dalam kegiatan pelatihan atau pertemuan KKG.
Oleh karena itu KKG Gugus Tampomas Kecamatan PAGEDONGAN melakukan beberapa kegiatan yang tujuannya adalah memecahkan masalah yang dihadapi oleh anggota KKG baik dalam pelaksanaan tugas dalam pembelajaran ataupun yang berkaitan dengan profesioanalisme seorang guru. Dengan memperhatikan kondisi guru di gugus saat ini dan tuntutan standar guru yang ditetapkan pemerintah, masih terdapat kesenjangan yang lebar. Dengan demikian adanya Pemberdayaan guru melalui Program BERMUTU merupakan solusi alternatif yang kami yakini efektif untuk meningkatkan kualitas kinerja guru. Dalam melaksanakan kegiatan-kegiatannya KKG mendapatkan dukungan dan bantuan dari berbagai pihak yang berkompeten. Hal ini dikarenakan suksesnya kegiatan yang diselenggarakan oleh KKG berimplikasi bagi keberhasilan program-program peningkatan mutu pendidikan yang dilaksanakan oleh unsur terkait di lingkungan Dinas Pendikan. Bantuan dan dukungan yang diperoleh dari Dinas Pendidikan meliputi sarana dan prasarana, informasi aktual, motivasi, perizinan, dana talangan dan sebagainya.
Dalam melaksanakan kegiatan KKG BERMUTU saat ini menggunakan Dana Bantuan Langsung ( DBL) dan dibantu dengan iuran rutin bulanan dari Sekolah anggota KKG Gugus Tampomas. Untuk beberapa kegiatan yang memerlukan dana besar KKG juga masih berharap banyak kepada bantuan lembaga-lembaga yang ada dalam wilayah Gugus Tampomas Kecamatan PAGEDONGAN, yakni 7 lembaga sekolah. Dengan adanya program BERMUTU yang  memberikan Dana Bantuan Langsung ( DBL ) merupakan suatu hal yang sangat menggembirakan. Dengan dana tersebut KKG yakin mampu berbuat lebih maksimal dalam meningkatkan kompetensi anggota yang pada akhirnya nanti akan memberikan kontribusi terbaik bagi dunia pendidikan di Kabupaten Banjarnegara.
Beberapa program yang telah dilaksanakan merupakan suatu usaha KKG dalam meningkatkan kinerja dan kompetensi guru. Kegiatan ini berupa kegiatan rutin selama 17 kali pertemuan ( 1 kali In Service dan 16 kali On Service ) dan kegiatan pengembangan. Kegiatan rutin adalah kegiatan yang berhubungan dengan tugas-tugas guru yang selalu dilaksanakan setiap tahun, seperti: penyusunan program tahunan, program semester, analisis kurikulum, penyusunan silabus, penyusunan RPP, pembuatan kisi-kisi soal dan penyiapan instrumen evaluasi. Kegiatan Pengembangan adalah kegiatan yang berhubungan dengan peningkatan kualitas guru seperti: penataran, pelatihan, kursus, workshop dan seminar. Kegiatan-kegiatan tersebut dilaksanakan secara rutin setiap bulan dengan frekuensi kegiatan yang telah diatur dalam program kerja KKG.

B.     Tujuan
Adapun tujuan pemberdayaan guru dalam program BERMUTU ini adalah sebagai berikut:
  1. Meningkatkan kompetensi guru di Gugus Tampomas Kecamatan PAGEDONGAN;
  2. Memecahkan masalah-masalah yang hadapi guru anggota KKG dalam pembelajaran di kelas;
  3. Meningkatkan kemampuan anggota KKG untuk melakukan penelitian tindakan kelas ( PTK );
  4. Meningkatkan kemampuan ICT anggota KKG di Gugus Tampomas.
  5. Memberikan pengakuan pengalaman kerja dan hasil belajar dengan memberikan sertifikat/piagam kepada anggota KKG yang telah mengikuti kegiatan KKG.
C.    Hasil yang Diharapkan
Kegiatan Pemberdayaan Guru diharapkan dapat meningkatan kompetensi dan kinerja . Hasil yang diperoleh setelah kegiatan berupa:
  1. Meningkatnya kompetensi guru di Gugus Tampomas Kecamatan PAGEDONGAN;
  2. Terpecahkannya masalah-masalah yang hadapi guru anggota KKG dalam pembelajaran di kelas;
  3. Meningkatnya kemampuan anggota KKG untuk melakukan penelitian tindakan kelas ( PTK )
  4. Meningkatnya kemampuan ICT anggota KKG yang ditandai dengan kemampuan anggota dalam browsing, chatting, searching, dan blogging ;
  5. Diberikannya pengakuan pengalaman kerja dan hasil belajar dengan memberikan sertifikat/piagam kepada anggota KKG yang telah mengikuti kegiatan KKG.
D.    Sasaran
Pemberdayaan guru melalui Program BERMUTU memiliki sasaran kepada semua guru untuk Satuan Pendidikan SD yang berada di wilayah Gugus Tampomas yakni 7 SD  sebanyak 43 Guru kelas 7 Guru Pendidikan Agama dan 7 Penjas. Adapun kategori guru sasaran program BERMUTU ini sebagai berikut:
a.       Kualifikasi Akademik
Dari 43 anggota ( Guru Kelas ) yang berkualifikasi S2 0 orang sebanyak - orang, S1 sebanyak 27 orang, D2 sebanyak 11 orang dan SPG/SLA sebanyak 5 orang

b.      Kompetensinya
Kompetensi guru di Gugus Tampomas Kecamatan PAGEDONGAN terbagi dalam prosentase sebagai berikut:
·         25% berkompetensi rendah
·         45 % berkompetensi sedang
·         30 % berkompetensi tinggi
c.       Kondisi Sekolah
Kondisi sekolah tempat mengajar anggota KKG Gugus Tampomas Kecamatan PAGEDONGAN terdiri 4 berkategori baik, 2 berkategori sedang dan 1 berkategori kurang. Hal ini tercermin dari 4 sekolah dengan baik tidaknya kondisi fisik, sarana-prasarana, dan prestasi sekolah.
d.      Kinerja
Angka kredit guru anggota KKG Gugus Tampomas Kecamatan PAGEDONGAN sebagai berikut :
Angka Kredit
Jumlah
Persentase
> 500
27
69 %
200 – 500
10
26 %
< 200
2
5 %

E.     Manfaat
Dengan adanya kegiatan KKG  BERMUTU memberikan manfaat dalam peningkatan :
1.    Kompetensi dan pengembangan keprofesionan guru, Meningkatnya kompetensi akademik, pedagogik, kepribadian dan sosial, sehingga pembelajaran yang dilakukan guru adalah pembelajaran yang aktif  inovatif, kreatif,  efektif dan menyenangkan siswa.
2 Meningkatnya kualitas pembelajaran di sekolah yang akan meningkatkan kualitas lulusan. Meningkatnya kualitas pembelajaran dan percepatan pencapaian standar nasional pendidikan
3. Meningkatnya kualitas pelayanan pendidikan di KKG Gugus Tampomas.
4. Meningkatnya kualitas kelompok kerja di KKG Gugus Tampomas.


BAB II
PERENCANAAN  PROGRAM

A.    Perencanaan Kegiatan Kelompok Kerja
1.Tempat
Seluruh kegiatan program BERMUTU yang dilaksanakan oleh KKG Gugus Tampomas Kecamatan PAGEDONGAN baik inservice training atau onservice training dipusatkan di sekretariat KKG yakni di SD Inti SD Negeri 1 Gentansari UPT DINDIKPORA KECAMATAN PAGEDONGAN BANJARNEGARA

2 .Waktu
Sebelum pelaksanaan kegiatan KKG BERMUTU yang menggunakan DBL ( Dana Bantuan Langsung ) , kami selaku pengurus terlebih dahulu mengajukan proposal ke LPMP. Pembuatan proposal pada Bulan Juni2011 .Waktu pelaksanaan kegiatan In Service Program Bermutu adalah tanggal 28 September 2011, sedang on service dilaksanakan mulai tanggal    5 Nopember 2011 sampai dengan 31 Maret 2012 terdiri dari 16 ( enam belas ) pertemuan dengan narasumber/ fasilitator dari Guru Pemandu.
     Adapun jadwal pelaksanaan kegiatan sebagai berikut:










JADWAL KEGIATAN IN SERVICE TRAINING
KKG GUGUS TAMPOMAS
UPT DIDINDIKPORA KECAMATAN PAGEDONGAN 

Pertemuan Jam Ke
Hari / Tanggal/ Waktu
Materi
Nara sumber
Keterangan
1
2
3
4
5
Kamis, 15 September 2011
1
Kamis,15 September 2011
08.00- 08.50
Jam pimpinan
PKG, PKB
Ka.Dindikpora Kec.Pagedongan









Tempat SDN 1 Gentansari ( SD Inti )
2
Kamis,,15 September 2011
08.50- 09.40
KTSP               ( Silabus,RPP, Bahan Ajar,Penilaian)
PengawasTK /SD
3
Kamis,15 September 2011
09.40- 10.30
Learning Jurnal, Kajian Kritis
Pengawas TK / SD

10.30-10.50
Istirahat

4
Kamis,15 September 2011
10.50-11.40
PTK
Dosen LPTK
5
Kamis,15 September 2011
11.40-12.30
PTK
Dosen LPTK

12.30-13.00
Istirahat

6
Kamis,15 September 2011
13.00-13.50
ICT
Pemandu
7
Kamis,15 September 2011
13.50-14.40
Program Kerja KKG
Ketua Gugus Tampomas








JADWAL KEGIATAN KKG RUTIN
ON SERVICE TRAINING
KKG BERMUTU GUGUS TAMPOMAS
UPT DINDIKPORA KECAMATAN PAGEDONGAN KAB.BANJARNEGARA
TAHUN 2011
Pert
Hari,tanggal,waktu
Mata Diktat
Materi
Penyaji
Ketr
1
Sabtu,5 Nov 2011
09.00- 12.30
PIGP
Program Induksi guru pemula berbasis kelas
Guru Pemandu,
Trisno,S.Pd,
M.Pd









Semua Kegiatan dilaksanakan di
SD Negeri          1 Gentansari          ( SD Inti )
2
Sabtu,12 Nov 2011
09.00- 12.30
PKG

Penialaian Kinerja Guru
Guru pemandu
3
Sabtu,19 Nov 2011
09.00- 12.30
PKB
Pengembanagn Keprofesian Berkelanjutan
Guru pemandu
4
Sabtu,26 Nov 2011
09.00- 12.30
PKG

Penilaian Kinerja Guru
Guru pemandu
5
Sabtu,3 Des 2011
09.00- 12.30
TIK
ManajemenSoftware Komputer Terampil Ms,Word,Excel, dan Power point
Guru pemandu
6
Sabtu10 Des 2011
09.00- 12.30
KTSP

Silabus berkarakter
Guru pemandu
7
Sabtu,14 jan 2012
09.00- 12.30
KTSP

RPP Berkarekter
Guru pemandu

8

Sabtu,21 Jan 2012
09.00- 12.30

Study Visit
Kunjungan ke SD lain dalam gugus observasi dalam kemajuan pembelajaran
Guru pemandu













Semua Kegiatan dilaksanakan di
SD Negeri          1 Gentansari          ( SD Inti )
9
Sabtu 28 Jan 2012
09.00- 12.30
Penguatan Mapel
Pendalaman materi pembelajaran
Guru pemandu
10
Sabtu,4 Pebr 2012
09.00- 12.30
Penguatan Mapel
Pendalaman materi pembelajaran
Guru pemandu
11
Sabtu,11 Pebr 2012
09.00- 12.30
PTK

Perencanaan PTK
Doko Darwanto,S.Pd. SE,M.Pd
12
Sabtu,25 Pebr 2012
09.00- 12.30
PTK
Penyusunan Instrumen PTK( dilanjutkan pelaksanaan tindakan dan pengumpulan data)
Doko Darwanto,S.Pd. SE,M.Pd
13
Sabtu,53 Maret 2012
09.00- 12.30
PTK

Analisia hasil PTK
Guru pemandu
14
Sabtu,10 Maret 2012
09.00- 12.30
PTK
Penyusunan laporan PTK
Guru pemandu
15
Sabtu,17 Maret 2017
09.00- 12.30
PKB  /PKB
Penyusunan peta kompetensi guru
Guru pemandu dan pengurus
16
Sabtu,24 Maret 2012
09.00- 12.30
Pelaporan
Penyusunan laporan akhir seluruh kegiatan penggunaan Dana Bantuan langsung ke LPMP dan Dinas pendidikan
Guru Pemandu dan pengurus







3. Sasaran
Sasaran kegiatan Program BERMUTU ini adalah guru- guru sekolah dasar di wilayah Gugus Tampomas Kecamatan Pagedongan,Kabupaten Banjarnegara Provinsi Jawa Tengah. Dari jumlah peserta sebanyak 43 orang dengan kualifkasi akademik S1 sebanyak 27 orang, D2 sebanyak 11 orang dan SPG / SLA sebanyak 5 orang, dengan kompetensi rendah 25 %, sedang 45 dan berkompetensi tinggi 30 %. Kondisi sekolah di wilayah Gugus Tapomas adalah sebagai berikut 4 sekolah baik, 2 sekolah sedang dan 1 sekolah kurang.

4, Materi Kegiatan / Struktur Program
Kegiatan Program Bermutu di KKG Gugus Tampomas Kecamatan PAGEDONGAN terbagi atas dua macam kegiatan yaitu kegiatan inservice dan kegiatan onservice. Kegiatan Inservice Training dilaksanakan selama 1 ( hari ) pada tanggal 14 September 2011  dengan narasumber/ fasilitator dari Guru Pemandu KKG Gugus Tampomas Kecamatan PAGEDONGAN dan Guru Pemandu KKG Gugus Bermutu Kecamatan yang berdekatan. Kegiatan Onservice dilaksanakan dari tanggal 5 Nopember 2011 sampai dengan 24 Maret 2012 terdiri dari 16 ( enam belas ) pertemuan dengan narasumber/ fasilitator dari Guru Pemandu.

Struktur Program
Struktur progran In Service Training mencakup materi- materi sebagai berikut
 




No
MATERI
JP
PENYAJI
KET
A
MATERI UMUM
2
1

2
Kebijakan Dinas tentang BERMUTU
Implementasi KTSP
1

1
Ka.UPTD Kec. PAGEDONGAN
Guru Pemandu

B
MATERI POKOK
7


1
2

3
4


PKG,PKB
KTSP (Silabus,RPP,Bahan Ajar,Penilaian
Learning Jurnal
PTK
2
2

1
2



Guru Pemandu
Guru Pemandu
Guru Pemandu
Guru Pemandu
Guru Pemandu


C
MATERI PENUNJANG



1
ICT
1
Guru Pemandu

JUMLAH
10 JP




Dasar pemilihan materi berdasarkan hasil kebutuhan peserta KKG Gugus Tampomas yang diambil dari TNA. selain itu KKG Gugus Tampomas juga membutuhkan materi- materi baru. Struktur program kegiatan On Service Training mencakup materi- materi sebagai berikut : 
Struktur program kegiatan Onservice Training mencakup materi-materi seperti berikut:
No
MATERI
JP
PENYAJI
KET
A
GENERIK PTK
41
1
2
3
4
5
6
7
8
Pendahuluan ( Model Bermutu )
PIGP
PKB
PKG
TIK
KTSP ( Silabus,RPP Berkarakter)
Penguatan Mapel
PTK
2
3
3
6
3
6
6
12
Guru Pemandu
Guru Pemandu
Guru Pemandu
Guru Pemandu
Guru Pemandu
Guru Pemandu
Guru Pemandu
Guru Pemandu

B
ICT
4


7
8
ICT 1
ICT 2
2
2
Guru Pemandu
Guru Pemandu


5.  Penyaji/ Narasumber/ Fasilitator
Narasumber/ Penyaji/ Fasilitator dalam kegiatan In Service maupun On Service tahap kedua ini berasal dari Guru Pemandu dan Pejabat Dinas Pendidikan. Berikut nama fasilitator dan pemandu kegiatan In Service dan On service Training tahun ke 2 KKG Gugus Tampomas

No
Nama Fasilitator / Nara Sumber
Lembaga
Alasan
1
Trisno, S.Pd. M.Pd
Dinas Pendidikan        ( Ka.UPTD Kec pagedongan )
Sebagai pengarah/ Pembina KKG
2
Drs.Nur Tamami,M.Pd
Dinas Pendidikan Kabupaten
Kabid tenaga pendidik dan Kependidikan
3
Sumaryo
Pengawas
Penanggung jawab KKG Kabupaten
4
Sujito,S.Pd
Kantor UPTd Kec.pagedongan
Pengawas TK/SD wilayah Gugus Tampomas
5
Sugeng Darmadi,S.Pd
Gr.SDN1 Pagedongan
Guru pemandu
6
Bambang Tri.W,S.Pd
Gr.SDN 1 Kebutuh Duwur 1
Guru pemandu
7
Wiwi Sugiastuti,S.Pd
Guru .SDN 1 Gungjati
Guru pemandu
8
Nani Hasanah,S.Pd
Guru SDN 1 Gentansari
Guru pemandu
9
Prayitno S.Pd
Guru SDN 2 Lebakwangi
Guru pemandu
9
Doko Darwanto,S.Pd.SE.M.Pd

Guru Pemandu

Pelaksanaan program dilaksanakan secara mandiri oleh KKG Gugus Tampomas Kecamatan PAGEDONGAN dengan memanfaatkan sumber daya manusia yang ada di dalam KKG Gugus Tampomas Kecamatan PAGEDONGAN. Dalam pelaksanaan kegiatan, narasumber berasal dari Guru Pemandu anggota KKG Gugus Tampomas dan Guru Pemandu yang berasal dari Gugus Bermutu kecamatan terdekat.
Pelaksanaan program bertujuan untuk meningkatkan kompetensi guru anggota KKG Gugus Tampomas Kecamatan PAGEDONGAN, memfasilitasi kegiatan positif para anggota yang pada muaranya bertujuan untuk meningkatkan kualitas pendidikan di Kecamatan PAGEDONGAN.
Strategi pelaksanaan program dilakukan melalui : sosialisasi program, pelaksanaan program, evaluasi program dan tindak lanjut. Kegiatan dilaksanakan sesuai dengan kondisi sarana dan prasarana yang ada. Metode pelaksanaan kegiatan berupa kegiatan ceramah, penugasan kelompok, pemberian tugas mandiri, diskusi dan demontrasi.
Supervisi dilaksanakan oleh pengurus KKG dengan melibatkan DCT dan Pengawas TK/SD dari Dinas Pendidikan. Kegiatan supervisi dilaksanakan di awal program, di tengah program, dan di akhir program.
Pelaksanaan kegiatan mengacu kepada jadwal kegiatan yang telah dibuat oleh pengurus beserta anggota Gugus Tampomas.berikut adalah jadwal kegiatan In service dan On Service KKG Gugus Tampomas tahun ke 2 tahun 2011


















JADWAL KEGIATAN IN SERVICE TARAINING
KKG GUGUS TAMPOMAS
UPT DIDINDIKPORA KECAMATAN PAGEDONGAN 

Pertemuan Jam Ke
Hari / Tanggal/ Waktu
Materi
Nara sumber
Keterangan
1
2
3
4
5
Kamis, 15 September 2011
1
Kamis,15 September 2011
08.00- 08.50
Jam pimpinan
PKG, PKB
Ka.Dindikpora Kec.Pagedongan



Tempat SDN 1 Gentansari ( SD Inti )
2
Kamis,,15 September 2011
08.50- 09.40
KTSP                     ( Silabus,RPP, Bahan Ajar,Penilaian)
PengawasTK /SD
3
Kamis,15 September 2011
09.40- 10.30
Learning Jurnal, Kajian Kritis
Pengawas TK / SD

10.30-10.50
Istirahat


4
Kamis,15 September 2011
10.50-11.40
PTK
Dosen LPTK

5
Kamis,15 September 2011
11.40-12.30
PTK
Dosen LPTK

12.30-13.00
Istirahat

6
Kamis,15 September 2011
13.00-13.50
ICT
Pemandu
7
Kamis,15 September 2011
13.50-14.40
Program Kerja KKG
Ketua Gugus Tampomas
















JADWAL KEGIATAN KKG RUTIN
ON SERVICE TRAINING
KKG BERMUTU GUGUS TAMPOMAS
UPT DINDIKPORA KECAMATAN PAGEDONGAN KAB.BANJARNEGARA
TAHUN 2011
Pert
Hari,tanggal,waktu
Mata Diktat
Materi
Penyaji
Ketr
1
Sabtu,5 Nov 2011
09.00- 12.30
PIGP
Program Induksi guru pemula berbasis kelas
Guru Pemandu,Trisno,S.Pd,M.Pd











SD Negeri 1 Gentansari    ( SD Inti )
2
Sabtu,12 Nov 2011
09.00- 12.30
PKG

Penialaian Kinerja Guru
Guru pemandu
3
Sabtu,19 Nov 2011
09.00- 12.30
PKB
Pengembanagn Keprofesian Berkelanjutan
Guru pemandu
4
Sabtu,26 Nov 2011
09.00- 12.30
PKG

Penilaian Kinerja Guru
Guru pemandu
5
Sabtu,3 Des 2011
09.00- 12.30
TIK
ManajemenSoftware Komputer Terampil Ms,Word,Excel, dan Power point
Guru pemandu
6
Sabtu10 Des 2011
09.00- 12.30
KTSP

Silabus berkarakter
Guru pemandu
7
Sabtu,14 jan 2012
09.00- 12.30
KTSP

RPP Berkarekter
Guru pemandu

8

Sabtu,21 Jan 2012
09.00- 12.30

Study Visit
Kunjungan ke SD lain dalam gugus observasi dalam kemajuan pembelajaran
Guru pemandu

9
Sabtu 28 Jan 2012
09.00- 12.30
Penguatan Mapel
Pendalaman materi pembelajaran
Guru pemandu
10
Sabtu,4 Pebr 2012
09.00- 12.30
Penguatan Mapel
Pendalaman materi pembelajaran
Guru pemandu
11
Sabtu,11 Pebr 2012
09.00- 12.30
PTK

Perencanaan PTK
Doko Darwanto,S.Pd. SE,M.Pd
12
Sabtu,25 Pebr 2012
09.00- 12.30
PTK
Penyusunan Instrumen PTK( dilanjutkan pelaksanaan tindakan dan pengumpulan data)
Doko Darwanto,S.Pd. SE,M.Pd
13
Sabtu,53 Maret 2012
09.00- 12.30
PTK

Analisia hasil PTK
Guru pemandu
14
Sabtu,10 Maret 2012
09.00- 12.30
PTK
Penyusunan laporan PTK
Guru pemandu
15
Sabtu,17 Maret 2017
09.00- 12.30
PKB  /PKB
Penyusunan peta kompetensi guru
Guru pemandu dan pengurus
16
Sabtu,24 Maret 2012
09.00- 12.30
Pelaporan
Penyusunan laporan akhir seluruh kegiatan penggunaan Dana Bantuan langsung ke LPMP dan Dinas pendidikan
Guru Pemandu dan pengurus


B.     Rencana Penggunaan DBL
Berikut rincian penggunaan Dana Bantuan Langsung ( DBL ) KKG Gugus Tampomas Kecamatan PAGEDONGAN sampai akhir tahap 2 ( dua ) tahun 2011

RINCIAN RENCANA ANGGARAN BELANJA
KKG BERMUTU TAHUN 2011

NO
KEGIATAN
VOLUME
SATUAN
SATUAN BIAYA
( Rp )
JUMLAH
( Rp )
A
Inservice Training



    3.805.000
1
Transport narasumber
1
3
150.000
450.000
2
Uang harian narasumber
1
3
100.000
300.000
3
Konsumsi peserta
 1
43
  27.500 
     1.182.000
4
Konsumsi Narasumber
1
3
27.500
675.000
5
Pembelian ATK
1
43
30.000
    1.290.000

6
Alat,bahan,materai,fC
3
1
500.000
500.000
B
On service Training



4.734.000 
1
Transport Narasumber           ( dosen)
4
1
150.000 
600.000 
2
Transport Narasumber
1
100.000 
200.000 
3
Uang harian narasumber       ( dosen ) 
 4
 1
110.000 
  440.000 
4
Uang harian nara sumber
2
1
75.000
 150.000
5
Bahan,Foto Copy,materi peserta
43
16
  5.000
     3.344.000












C
Kegiatan Kunjungan



4.640.000 
1
Transport peserta
1
43
 50.000 
2.150.000 
2
Konsumsi Peseta
1
 43
30.000
       1.290.000
3
Kegiatan Forum KKG (FKKG)
 6
 2
 50.000
         600.000
4
Transport kegiatan KKG
 6
 2
 50.000
 600.000






D
Pembuatan Laporan



 821.000 
1
ATK,bahan, materi,Fc,dll
1
1
471.000
471.000
2
Transport pelaporan
1
1
350.000
350.000







Jumlah



14.000.000

( Empat Belas juta rupiah)
Laporan keuangan secara terperinci ( terlampir )

C.    Masalah
Beberapa masalah yang dirasakan oleh Kelompok Kerja Guru Gugus Tampomas Kecamatan PAGEDONGAN dalam pelaksanaan kegiatan Bermutu tahap 2 sebagai berikut:
1)      Kurang tersedia waktu yang cukup untuk melaksanakan kegiatan, kegiatan tahap 2 ( dua ) dilaksanakan dalam rentang waktu yang cukup singkat yakni dari 5 Nopember 2011  sampai 24 Maret 2012 , pelaksanaan kegiatan dilakukan seminggu satu kali. Keadaan ini menjadi polemik di sekolah peserta kegiatan program Bermutu.
2)      Banyaknya kegiatan di sekolah seperti lomba- lomba antar sekolah, sehinga berpengaruh terhadap presentase kedatangan peserta.
3)      Para peserta datang tidak sesuai dengan undangan dari pengurus sehingga materi KKG tidak dapat disampaikana secara maksimal, dan hasilnyapun juga kurang maksimal..
4)      Kurangnya fasilitas terutama dalam materi ICT.
5)      Ada sebagian peserta yang kurang aktif dalam mengikuti kegiatan program bermutu.
6)      Jadwal yang seharusnya selesai tanggal 24 Maret 2012 ternyata kegiatan on servise baru dapat selesaitanggal 31 Maret 2012, hal itu dikarenakan tanggal 10 Maret sedang melaksanakan ulangan tengah semester II.

D.    Pemecahan Masalah
Dari masalah-masalah yang timbul di atas, pengurus KKG bersama Kepala Sekolah anggota KKG Gugus Tampomas Kecamatan PAGEDONGAN selalu mengadakan pertemuan guna membahas pemecahan masalah-masalah yang timbul. Adapun solusi yang dilaksanakan sebagai berikut:
1)      Melaksanakan kegiatan Bermutu di hari Kamis dan Sabtu sehingga tidak mengganggu aktifitas pembelajaran di masing-masing sekolah anggota KKG Gugus Tampomas Kecamatan PAGEDONGAN.
2)      Mengurangi kegiatan kegiatan lomba disekolah untuk meningkatkan mutu KKG.
3)      Mengatur jadwal kegiatan lomba, sehingga tidak bersamaan dengan waktu KKG BERMUTU.
4)      Kepala sekolah agar menghimbau kepada para guru agar datang tepat waktu sesuai dengan undangan, dan lebih aktif serta antusias dalam mengikuti KKG sehingga hasil KKG lebih maksimal.
5)      Mencari tempat yang telah cukup tersedia fasilitas ICT .
6)      Memberi motivasi kepada para anggota agar ikut aktif dalam kegiatan KKG.



BAB III
HASIL PELAKSANAAN KEGIATAN

A.    Proses / Pelaksanaan Kegiatan
1.                                                                                 Diskripsi pelaksanaan pembahasan materi
a.    Tempat Kegiatan
    Kegiatan in service dilaksanakan selama satu hari. Kegiatan In servise dilaksanakan pada hari Selasa, 28 September 2011  yang bertempat di SD Negeri 1 Pagedongan UPT Dinas Pendidikan Kec,Pagedongan. Hal ini tidak sesuai dengan jadwal yang direncanakan dikarenakan ada pengarahan langsung dari Dinas Pendidikan Kabupaten dan penanggung jawab kegiatan KKG kabupaten,sehinga ketiga Gugus yaitu Gugus Khatulistiwa, Gugus Kolopaking, dan Gugus Tampomas dalam kegiatan In Service Training dijadikan satu ( dilaksanakan dalam satu hari ), dalam kegiatan ini peserta memperoleh materi-materi pengenalan seperti,PKG,PKB, KTSP, PTK,  Perangkat Pembelajaran, Tematik dan ICT. Kegiatan ini merupakan kegiatan untuk memberi stimulasi pada peserta untuk mengingat kembali materi-materi yang telah pernah diterima sebelumnya dan mempersiapkan beberapa materi yang berkaitan dengan kegiatan selanjutnya yaitu kegiatan on service yang terdiri dari beberapa materi baru diantaranya adalah PIGP ( Program Induksi Guru Pemula ), PKG (Penilaian Kinerja Guru, PKB (Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan, Penguatan Mata pelajaran         ( Pendalaman Materi mata pelajaran.
Untuk kegiatan On Service dari pertemuan ke 1 sampai pertemuan ke 16 semua dilaksanakan di SD Negeri 1 Gentansari sebagai SD Inti.
b. Waktu Kegiatan
Kegiatan In Service dilaksanakan selama satu ( 1 ) hari sedang kegiatan On service terbagi dalam 16 ( enam belas ) pertemuan masing-masing pertemuan membahas materi yang berbeda.
Waktu kegiatan  On Service adalah sebagai berikut :
1.         Pertemuan 1 ( Sabtu, 5 Nopember 2011 ) : Materi  PIGP                ( Program Induksi Guru Pemula ).
Pada pertemuan ini disampaikan materi tentang Program Induksi Guru Pemula. Materi ini termasuk materi baru dalam KKG BERMUTU yang sbelumnya para peserta belum mengenalnya. Program ini bertujuan agar para guru baik guru pemula ( CPNS ) maupun guru yang mengajar sudah lama mengetahui cara- cara dan langkah- langkah program induksi bagi guru pemula. Sehingga pada akhirnya nanti guru senior dapat menjalankan tugas induksi kepada guru-guru pemula (CPNS)

2.         Pertemuan 2 ( Sabtu, 12 Nopember 2012) : Materi PKB                           ( Pengembangan  Keprofesian Berkelanjutan )
Pertemuan 2 ( dua ) ini guru pemandu menerangkan tentang arti Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan yaitu merupakan pembaruan secarasadar akan pengetahuan dan peningkatan kompetensi guru sepanjang kehidupan kerjanya. Adapun macamdan jenis PKB adalah Pengembangan diri ,publikas iilmiah, Karya Inovatif
3.  Pertemuan 3 Sabtu, 19 Nopember 2012 ) : Materi PKG ( penilaian Kinerja Guru.
PKG merupakan penilaian prestasi kerja profesi guru, sehingga dikatkan dengan peningkatan danpengembangan profesi guru.Bidang Kompetensi guru yang dinilai meliputi 4 bidang yaitu : Pedagogik ( 7 sub komponen ),Kepribadian ( 3 SupKomponen ),Sosial ( 2 subkomponen,dan profesional ( 2 sub komponen )
4. Pertemuan 4 ( 26 Nopember 2011 ) Materi : PKG Penilaian Kinerja Guru )
Lanjutandar pertemuanke -3 : cara menilai ke4 komponen tersebut dengan pengamatan yang menggunakan blangko pengamatan. Nilai kinerjadan sebutan ( Permenpan No.16/2009 pasal 15 ) yaitu :
a.       91- 100  :amat baik
b.      76- 90   :Baik
c.       61 -75   : Cukup
d.      51 – 60 : sedang
e.       < 50     :kurang
5.  Pertemuan 5 ( Sabtu, 3 Desember 2011 ): Materi TIK / IT
Kegiatan 5 ( lima ) ini para peserta diajarkan cara mengoperasikan komputer / laptop serta menulis dalam Mixrosolf Word( pembuatan tabel ), mengetik/ menulis di Ecxcel ( pengolahan nilai , rata-rata,nilai tertinggi, nilai terendah ), serta cara pembuatan Power Point. Kegiatan ini bertujuan agar para peserta lebih terampil dan bertambah wawasan dalam menggunakan alat- alat Tekhnologi dan Informatika.
6.  Pertemuan 6 ( Sabtu, 10 Desember 2011 ) Materi : Silabus Berkarakter
Pertemuan 6 ( enam ) ini pemandu menerangklan tentang Silabus berkarakter, selanjutnya para peserta dengan berkelompok berdasarkan kelas yang diajarkannya membuat silabus berkarakter seperti yang telah diberikan oleh guru pemandu.Untuk selanjutnya silabus tersebut dikembangkan menjadi RPP berkarekter, pembuatan kisi-kisi saoal beserta soal ulangan formatif yang jumlah soal ditentukan oleh guru pemandu.
7. Pertemuan 7 ( Sabtu, 14 Januari 2012 ) Materi :  KTSP , RPP Berkarakter
Pertemuan 7 ini adalah merupakan kelanjutan dari pertemuan ke – 6 yang materinya masih sama. Pada pertemuan ke 7 ini guru pemandu menyampaikan informasi tentang bagaimana pembuatan RPP berkarakter. RPP dibuat berdasarkan silabus yang telah dibuat pada tertemuan ke 6. Secara berkelompok para peserta membuat RPP berkarakter dan dikumpulkan kepada ketua kelompoknya sebagai bahan tagihan KKG Bermutu.

8.  Pertemuan 8 ( Sabtu, 21 Januari 2012 ) Materi : Study Visit
Pertemuan 8 ini para peserta KKG Gugus Tampomas beserta pengurus, Kepala Sekolah dan pengawas mengadakan kunjungan di SD Negeri 2 Lebakwangi UPT Dindikpora Kecamatan Pagedongan. Dalam kegiatan ini sebelum kegiatan dimulai para peserta dikumpulkan dalam satu ruangan untuk menerima penjelasan dari pembina KKG dan ketua KKG. Untuk selanjutnya peserta dibagi menjadi 6 kelompok sesuai dengan kelas masing- masing. Setelah dibagi menjadi 6 kelompokkegiatan selanjutnya mengadakan observasi , pengamatan tentang proses pembelajaran yang ada di SD Negeri 2 Lebakwangi. Untuk selanjutnya di tindak lanjuti dalam kegiatan KKG berikutnya.
9. Pertemuan 9 ( Sabtu, 28 Januari 2012 ) Materi : pendalaman Materi mata pelajaran .
Pertemuan 9 ( sembilan ) ini pemandu menjelaskan kepada peserta tentang pendalaman materi mata pelajaran. Misalnya bagamana cara mengajar matematika yang baik dan menyenangkan siswa, sehingga siswa senang terhadap pelajaran matematika bahkan siswa merasa kangen terhadap mata pelajaran matematika.Bagaimana cara mengajar Bahasa Indonesia di kelas rendah, di kelas tinggi, bagaimana cara mengajar IPA yang baik, dan sebagainya. Materi ini mengandung tujuan agar para peserta ( guru ) dalam menyampaikan materi pembelajaran sebelumnya harus mendalami dan menguasai materi pelajaran, dengan harapan para guru dalam menyampaikan materi pelajaran kepada siswa dapat tepat sesuai sasaran yang diinginkan dan siswa merasa senang, pelajaran mudah diterima oleh siswa.
10. Pertemuan  ke 10 ( Sabtu, 4 Pebruari 2012 ) Materi: Pendalaman materi pelajaran Implementasi BBM Mapel )
Pada pertemuan ke 10 merupakan kelanjutan dari pertemuan ke 9
11. Pertemuan ke 11 ( Sabtu, 11 Pebruari 2012 ) Materi Perencanaan PTK
Pada pertemuan ke 11 ini para peserta diberikan materi membuat perencanaan PTK, misalnya mengidentifikasi masalah, dilanjutkan membuat proposal PTK.
12. Pertemuan ke 12( Sabtu,25 Pebruari 2012 ) Materi : Penyusunan Instrumen PTK, pelaksanaan rencana tindakan, pengumpulan data )
Pada pertemuan ke 12 pemandu memberi penjelasan tentang rencana tindakan dan pengumpulan data.Setelah data terkumpul selanjutnya mengidentifikasi data untuk dibuat PTK . Tujuan materi ini adalah agar para guru dapat melakukan perbaikan pembelajaran dikelasnya,
13. Pertemuan ke 13 ( Sabtu, 3 Maret 2012 ) Materi : Analisis Hasil PTK
 Pada kegiatan ini  anggota KKG secara berkelompok menganalisis hasil PTK yang telah didapatkan dari kelasnya masing- masing. Setelah dianalisis , diidentifikasikan kemusian dibuat laporan berupa PTK.
14. Pertemuan ke 14( Sabtu , 10 Maret 2012 ) Materi : Penyusunan Laporan     PTK . Pada pertemuan ke 13 ini guru pemandu membagi anggota menjadi beberapa kelompok ( sesuai dengan kelas yang diajarnya ) kemudian masalah- masalah yang ada dalam kelas masing- masing untuk dikumpulkan dan diidentifikasikan untuk selanjutnya dibuat PTK. Satu kelopok membuat satu judul PTK. Kegiatan ini mengandung tujuan agar para anggota ( guru ) dapat mengadakan penelitian dikelasnya guna untuk memperbaiki proses pembelajaran di kelasnya.

15. Pertemuan 15 ( Sabtu, 17 Maret 2012 ) Materi (penyusunan peta  Kompetensi guru

16.  Pertemuan ke 16 ( Sabtu, 24 Maret 2012 )
Pertemuan ke 16 ini guru oemandu memnerikan penjelasan- penjelas tentang bagaimana cara membuat laporannakhir seluruh kegiatan dan penggunaan Dana Bantuan langsung ( DBL ) kepada LPMP dan Dinas terkait ( Dinas Pendidikan Kabupaten)

c.  Sasaran
Pemberdayaan guru melalui Program BERMUTU memiliki sasaran kepada semua guru untuk Satuan Pendidikan SD yang berada di wilayah Gugus Tampomas yakni 7 SD  sebanyak 43 Guru kelas . Adapun kategori guru sasaran program BERMUTU ini sebagai berikut:
    • Kualifikasi Akademik
      • Dari 43 anggota ( Guru Kelas ) yang berkualifikasi S2 sebanyak - orang, S1 sebanyak 27 orang, D2 sebanyak 11 orang dan SPG/SLA sebanyak 5 orang
    • Kompetensinya
      • Kompetensi guru di Gugus Tampomas Kecamatan PAGEDONGAN terbagi dalam prosentase sebagai berikut:
      • 25% berkompetensi rendah
      • 45 % berkompetensi sedang
      • 30 % berkompetensi tinggi
    • Kondisi Sekolah
§  Kondisi sekolah tempat mengajar anggota KKG Gugus Tampomas Kecamatan PAGEDONGAN terdiri 4 berkategori baik, 2 berkategori sedang dan 1 berkategori kurang. Hal ini tercermin dari 4 sekolah dengan baik tidaknya kondisi fisik, sarana-prasarana, dan prestasi sekolah.
o    Tingkat kehadiran peserta dalam kegiatan rutin On Service Training dapat digambarkan sebagai berikut:


No
Pertemuan ke
Hadir
Tidak Hadir
1
1
32
11
2
2
35
8
3
3
29
14
4
4
29
14
5
5
31
12
6
6
35
8
7
7
31
12
8
8
29
14
9
9
30
13
10
10
33
10
11
11
29
14
12
12
22
21
13
13
22
21
14
14
30
13
15
15
22
21
16
16
22
21




Pertemuan On Servise
 
\s
(Grafik tingkat kehadiran peserta )
d. Materi kegiatan / struktur program telah dilaksanakan sesuai dengan kegiatan. Hanya saja terdapat pergeseran jadwal, hal ini dikarenakan guru pemandu yang bersangkutan ( yang akan mengisi ) tidak bisa hadir dikarenakan ada tugas lain .

e.. Fasilitator dan Narasumber dalam kegiatan In service dan kegiatan On Service adalah sebagai berikut :

No
Nama Fasilitator / Nara Sumber
Lembaga
Alasan
1
Trisno, S.Pd. M.Pd
Dinas Pendidikan        ( Ka.UPTD Kec pagedongan )
Sebagai pengarah/ Pembina KKG
2
Drs.Nur Tamami,M.Pd
Dinas Pendidikan Kabupaten
Kabid tenaga pendidik dan Kependidikan
3
Sumaryo
Pengawas
Penanggung jawab KKG Kabupaten
4
Sujito,S.Pd
Kantor UPTD Kec.pagedongan
Pengawas TK/SD wilayah Gugus Tampomas
5
Sugeng Darmadi,S.Pd
Gr.SDN1 Pagedongan
Guru pemandu
6
Bambang Tri.W,S.Pd
Gr.SDN 1 Kebutuh Duwur 1
Guru pemandu
7
Wiwi Sugiastuti,S.Pd
Guru .SDN 1 Gungjati
Guru pemandu
8
Nani Hasanah,S.Pd
Guru SDN 1 Gentansari
Guru pemandu
9
Prayitno S.Pd
Guru SDN 2 Lebakwangi
Guru pemandu
9
DokoDarwanto,S.Pd.SE.M.Pd
Kepala SMPN 1 Pejawaran
Guru Pemandu

f. Kegiatan In Service tidak sesuai dengan program / jadwal ( Kamis, 14 September 2011 ) dan dilaksanakan pada tanggal 28 September 2011 hal itu dikarenakan kegiatan In service Training 3 Gugus dijadikan satu          ( Gugus Tampomas, Gugus Kolopaking, dan Gugus Khatulistiwa ) yang bertempat di SD Negeri 1 Pagedongan ,Hal ini dikarenakan ada pengarahan dari Dinas Kabupaten. Sedang struktur program dalam On Service terdapat perbedaaan antara jadwal dengan pelaksanaan ( Satu kali pertemuan ), yaitu tanggal 10 Maret tidak dapat dilaksanakan dikarenakan sedang ada kegiatan Ulangan tengah semester II.
g. Setiap ada kegiatan KKG BERMUTU selama 16 kali pertemuan selalu dihadiri oleh 2 kepala sekolah sebagai pemantau kegiatan KKG Bermutu ini. Selain itu dalam kegiatan KKG Bermutu ini juga dihadiri olehKepala UPT Dindikpora Pagedongan ( pada pertemuan 2 ), pengawas TK / SD di wilayah UPT Dindikpora Kecamatan Pagedongan ( pada pertemuan ke 3 dan 11 ) .Hal ini menggambarkan peran serta kepala sekolah juga ikut aktif dalam pemantauan kegiatan KKG Bermutu.Hasil yang disampaikan ol;eh kepala sekolah dan pengawas di KKG adalah cukup baik dan berjalan dengan lancar.

2.  Hasil / produk kegiatan
a. Peserta dalam mengikuti pembelajaran / kegaiatan dalam KKG berdasarkan jurnal pembelajaran  individu dan jurnal kegiatan per pertemuan cukup baik, hal ini terbukti tugas-tugas yang diberikan oleh pemandu dikerjakan dengan baik, kemudian dimasukkan dalam amplop tugas. Keaktifan peserta juga dapat dilihat dalam absen kehadiran pada setiap pertemuan. Absensi peserta pada kegiatan In Service 95,23 % yang hadir 4,77 % tidak hadir. Sedang dalam kegiatan In Service tingkat kehadiran peserta rata- rata 70 % setiap kegiatan .
b.  Dalam Kegiatan KKG Bermutu tahun ke 2 ini jelas belum dapat mencapai hasil yang maksimal, hal ini dikarenakan oleh beberapa hal diantaranya kehadiran anggota yang belum sesuai dengan undangan pengurus, masih ada beberapa peserta yang tidak hadir dalam kegiatan KKG. Namun disisi lain ketercapaian hasil dapat dirasakan oleh para anggota diantaranya :
·         Potensi dan pengetahuan guru di Gugus Tampomas bertambah.
·         Dapat memecahkan permasalahan-permasalahan di kelasnya melalui PTK ( Penelitian Tindakan Kelas )
·         Meningkatnya kemampuan guru dalam ICT.
·         Guru – guru anggota Gugus Tampomas sebagian besar sudah cukup jelas dalam pembuatan PTK
c.  Tagihan- tagihan kepada anggota untuk Gugus Tampomas cukup baik. Sebagian besar tugas tagihan yang diberikan oleh guru pemandu dikerjakan dengan baik oleh padara peserta. Peserta yang telah selsesai mengerjakan tugas tagihan ( sebanyak 7 tagihan ) mencapai 75 % atau sekitar 32 orang, 11 orang belum menyelesaikan seluruh tagihan.seluruh tagihan belum dapat diselesaikan oleh sebagian anggota dikarenakan yang bersangkutan tidak hadir ppada saat pertemuan rutin KKG. Dalam hal ini pengurus bekerjasama dengan kepala sekolah untuk menindak lanjuti hal tersebut agar kepala sekolah memberikan motivasi kepada guru-guru yang bersangkutan untuk aktif mengikuti kegiatan KKG pada waktu yang akan datang.
d. Berdasarkan TNA yang telah terkumpul, ketercapaian hasil dalam   kegiatan KKG Bermutu tahun ke 2 adalah sebagai berikut :





REKAPITULASI TRAINING NEEDS ASSESSMENT
                        Nama Gugus               : Gugus Tampomas
                                    Alamat Sekretariat      : SD Negeri 1 Gentansari,  Pagedongan

No
Mata tataran
Tingkat Penguasaan Materi ( % )
0
10
20
30
40
50
60
70
80
90
100
1
KTSP/SILABUS/ RPP











2
MODEL PEMBELAJARAN











3
PENILAIAN










4
TIK










5
PTK










6
KAJIAN KRITIS










7
LESSSO STUDY










8
MEDIA PEMBELAJARAN










9
KOMPETENSI GURU










10
PENDALAMAN MATERI MATA PELAJARAN           ( P4TK )












11
LEARNING JOURNAL










12
PENYUSUNAN BUTIR-BUTIR SOAL DAN ANALISIS SOAL













2.    Permasalahan – permasalahan yang selama ini dihadapi dalam pelaksanaan kegiatan KKG Bermutu di Gugus Tampomas antara lain :
v  Kedatangan anggota KKG belum sesuai dengan harapan pengurus, baik mengenai waktu kedatangan, prosentase kahadiran.
v  Banyaknya kegiatan – kegiatan sekolah yang bersamaan dengan kegiatan KKG.
v  Belum tersedianya fasilitas yang memadai ( misalnya untuk membuat laporan belum mempunyai printer, pengurus juga belum semua mempunyai Lap top sehingga menghambat pelaporan dan pembuatan administrasi dalam kegiatan KKG )
v  Kurangnya waktu untuk menyampaikan materi KKG oleh para pemandu.
3.    Dalam menghadapi permasalahan- permasalahan diatas kami pengurus mengambil langkah – langkah sebagai berikut :
a)         Mengadakan musyawarah dengan kepala sekolah dan pengawas untuk menghimbau kepada para guru- guru di lingkungan kerjanya / sekolahnya untuk aktif mengikuti KKG dan selalu datang sesuai dengan undangan yang dibuat oleh pengurus.
b)        Bermusyawarah dengan kepala sekolah agar penyusunan jadwal kegiatan – kegiatan sekolah tidak bersamaan dengan kegiatan KKG.
c)         Mencari dana untuk menambah fasilitas di Gugus Tampomas       ( Misalnya mengadakan iuran tiap sekolah se Gugus Tampomas )
d)        Penambahan waktu dalam kegiatan KKG.
5. Kegiatan KKG di Gugus Tampomas akan tetap berkelanjutan meskipun pada akhirnya nanti pemerintah lewat lembaga terkait ( LPMP ) tidak lagi memberikan Dana Bantuan Langsung ( DBL ). Disini pengurus akan mengadakan musyawarah dengan kepala sekolah sebagai anggota Gugus Tampomas ( sebanyak 7 sekolah ) untuk mengadakan penggalian dana dengan cara iuran rutin perbulan dengan besar iuran sesuai kesepakatan. Dana tersebut nantinya akan dipergunakan untuk mengadakan KKG mandiri. Gugus Tampomas sudah melaksanakan KKG mandiri saat belum mendapatkan Dana Bantuan Langsung dari pemerintah.
B.     Pertanggungjawaban Dana Bantuan Langsung
   Berikut ini akan kami sampaikan pertanggungjawaban penggunaan Dana   Bantuan Langsung yang seseai dengan RAPB KKG Gugus Tampomas tahun 2011






RINCIAN RENCANA ANGGARAN BELANJA
KKG BERMUTU TAHUN 2011
NO
KEGIATAN
VOLUME
SATUAN
SATUAN BIAYA
( Rp )
JUMLAH
( Rp )
A
Inservice Training



    3.805.000
1
Transport narasumber
1
3
150.000
450.000
2
Uang harian narasumber
1
3
100.000
300.000
3
Konsumsi peserta
 1
43
  27.500 
     1.182.000
4
Konsumsi Narasumber
1
3
27.500
675.000
5
Pembelian ATK
1
43
30.000
    1.290.000

6
Alat,bahan,materai,fC
3
1
500.000
500.000
B
On service Training



4.734.000 
1
Transport Narasumber           ( dosen)
4
1
150.000 
600.000 
2
Transport Narasumber
1
100.000 
200.000 
3
Uang harian narasumber       ( dosen ) 
 4
 1
110.000 
  440.000 
4
Uang harian nara sumber
2
1
75.000
 150.000
5
Bahan,Foto Copy,materi peserta
43
16
  5.000
     3.344.000












C
Kegiatan Kunjungan



4.640.000 
1
Transport peserta
1
43
 50.000 
2.150.000 
2
Konsumsi Peseta
1
 43
30.000
    1.290.000
3
Kegiatan Forum KKG (FKKG)
 6
 2
 50.000
         600.000
4
Transport kegiatan KKG
 6
 2
 50.000
 600.000






D
Pembuatan Laporan



 821.000 
1
ATK,bahan, materi,Fc,dll
1
1
471.000
471.000
2
Transport pelaporan
1
1
350.000
350.000







Jumlah



14.000.000
( Empat Belas juta rupiah)
                                                               Laporan keuangan secara terperinci ( terlampir )
B   Pertemuan FKKG
Pelaksanaan pertemuan Forum Kelompok Kerja Guru ( FKKG ) selama kegiatan tahap 2 ( dua ) dilaksanakan 3 kali pertemuan. Pertemuan bertempat di Kantor Dinas Pendidikan Kabupaten Banjarnegara. KKG Gugus Tampomas Kecamatan PAGEDONGAN diwakili oleh Ketua dan Sekretaris. Pada pertemuan FKKG merupakan pertemuan yang digunakan sebagai sarana bertukar pendapat, bermusyawarah tentang masalah-masalah yang dihadapi oleh masing-masing Kelompok Kerja. Dalam forum ini juga terjalin komunikasi antara Kelompok Kerja dengan Distric Core Trainer ( DCT )


















BAB IV
RANGKUMAN HASIL EVALUASI MANDIRI

Evaluasi dilakukan sebagai salah satu fungsi kontrol terhadap pelaksanaan kegiatan dan untuk mengetahui keberhasilan peserta, penyaji dan pelaksanaan kegiatan serta sebagai usaha untuk penyempurnaan program selanjutnya. Evaluasi dilaksanakan di awal program, di tengah program dan di akhir program. Monitoring dan Evaluasi dilakukan oleh berbagai pihak diantaranya oleh LPMP, DCT, Pengawas TK/ SD, Kepala Sekolah dan KKG sendiri.
Evaluasi mandiri yang dilaksanakan oleh sekolah dan Kelompok Kerja   Guru ( KKG  ). Berikut rangkuman hasil evaluasi mandiri yang dilakukan oleh sekolah maupun KKG:
a.    Selama ini managemen yang dilakukan di Gugus Tampomas UPT Dindikpora Kecamatan Pagedongan berjalandengan baik. Managemen Gugus Tampomas dengan sistem kerja sama antar sesamapengurus, Pemandu,serta narasumber. Dengan sistemtersebut maka akan terjalin etos kerja yang bertanggung jawab atas tugas individu,pengurus maupun pemandu serta ikut bertanggung jawab terhadap pengurus /pemandu yang lain.
b.    Jadwal pelaksanaan kegiatan yang direncanaan ada sebagian kecil tidak sesuai dengan kenyataan di lapangan, misalnya In service, dan 10 Maret karena ada ada kegiatan ulangan tengah semester II. Namun pada pelaksanaan kegiatan yang lain sesuai waktu dan dapat berjalan dengan baik.
c.                                                                                                     Implementasi kegiatan meliputi beberapa hal antara lain :
Dampak terhadap guru ada 2 aspek yaitu aspekpositif adalah guru akanbertambah wawasan di bidang KBM maupun wawasan profesiaonalnya.KegiatanKKG BERMUTU juga berimplementasi terhadapsatuan pendidikan diantaranya menambah prestasi anak,meningkatnya kegiatan belajar mengajar yang lebih bermutu.
d.        Kelengkapan sarana danprasarana yang dapat menunjang kegiataqn KKG masih kurang,hali ni terlihat dengan banyakperalatan yang diadakan secara menyewa sepertiproyektor, Laptop danpengeras suara sehingga pada tahapberikutnya untuk dapat mengadakan sendiri peralatan tersebut.























BAB V
KESIMPULAN DAN REKOMENDASI

A.  Kesimpulan
Peningkatan profesionalisme guru melalui KKG / MGMP menjadi tanggung jawab guru, pengawas dan kepala sekolah sebagai mitra kerja, sehingga guru mampu memiliki kompetensi yang dipersyaratkan. Kompetensi tersebut adalah kompetensi pedagogik, kepribadian, sosial dan kompetensi profesional.
Kegiatan pelatihan program bermutu KKG Gugus Tampomas Kecamatan PAGEDONGAN ini dilakukan dengan tujuan untuk memperbaiki mutu profesional guru dalam proses pembelajaran melalui Kegiatan Kelompok Kerja Guru ( KKG ). Melalui kegiatan ini diharapkan dapat mendukung terwujudnya pendidikan yang berkualitas melalui proses pembelajaran yang dapat dilaksanakan dan terjangkau bagi pendidik dan tenaga kependidikan anggota KKG Gugus Tampomas Kecamatan PAGEDONGAN sehingga mampu menghasilkan sumber daya manusia yang memiliki keunggulan global.

B.     Rekomendasi
Kegiatan KKG model BERMUTU yang dilakukan KKG Gugus Tampomas dengan tujuan untuk memperbaiki mutu profesional guru dalam proses pembelajaran melalui KKG diharapkan terus berlanjut.
Kegiatan ini juga perlu ditingkatkan dari segi kualitas dan kuantitas agar sumber daya manusia guru anggota KKG mengalami peningkatan mutu keilmuan. Selain itu dukungan, kesempatan dan kerjasama dari LPMP, LPTK, DCT, Dinas Pendidikan Kabupaten Banjarnegara, Pengawas TK/ SD, Kepala Sekolah dan semua pihak sangat diperlukan demi terlaksananya kegiatan dan tercapainya tujuan kegiatan.





Tidak ada komentar:

Poskan Komentar