Selasa, 22 Mei 2012

Case Study Catur Hesti Setyorini

BELAJAR DENGAN JARI MENGINSPIRASI SAYA BANYAK HAL
Oleh : Catur Hesti Setyorini
Anggota KKG Gugus Tampomas

Saya sudah mengajar sekitar 5 tahun di kelas 2, seperti biasa pada awal pelajaran saya mempersilahkan siswa untuk berdoa sebelum pelajaran di mulai. Setelah berdoa saya mengecek siswa yang tidak hadir,Alhamdulilah genap siswa saya yang hadir hari ini. Sembari berdiri saya bertanyapada siswa,”Anak- anak coba perhatikan tangan Bu Guru, sekarang hitung bersama – sama jumlah jari Bu guru!”. Secara bersama-sama mereka menyebutkanangka mulai dari 1- 10.”Bagus pinter,sekarang coba tunjukkan tangan kalian,ulangi seperti yang Bu guru lakukan tadi.” Dengan penuh semangat dan tanpa bertanya,mereka berhitung meski tak bersama-sama.” “ Nah,berapa jumlah jari kalian anak-anak...? 10 Bu Guru.......................! anak-anak menjawab dengan penuh semangat.
Sekarang Bu guru mau mengajari “Matematika” dengan materi pokoknya penjumlahan dengan teknik menyimpan.Kalian masih ingat cara mengerjakan penjumlahan anak-anak..? Masih Bu Guru...jawab anak-anak bersama.Ayo bagaimana? Saya memancing ingatan mereka,tapi sebagian dari mereka diam semua kemudian ada yang bersuara , “Yang di tambah belakang dulu bu,eeh kanan ding....” “ Iya tepat sekali.” Nah sekarang bu guru akan mengajarkan penjulahan dengan teknik menyimpan. Perhatikan ke papan tulis
35
27 +
.....
Coba kalian kerjakan soal ini secara bersama-sama dulu.Ada yang menjawab 12 Bu guru,ya benar di tulisdi belakan urut dengan angka 7,angka yang penting 12 jangan di tulis semua, tetapi hanya angka belakangnya sajaberarti berapa anak-anak? 2 Bu guru...,ya lalu saya menulis angka 2 di papan tulis,depan di hitumh jangan lupa angka yang krcil juga ikut di hitung ya Bu guru....? Ya benar. Setelah selesai saya bertanya apakah anak-anak sudah mengerti ? kelas diam. Ya sekarang Bu guru ulangi lagi ya...
46
38 +
.....
Coba sekarang hitung,setelah saya perhatikan lebih teliti ternyata hanya anak yang pandai penjumlahan yang menjawab terus. Lalu saya berinisiatif menghitung menggunakan jari. Anak-anak menjadi agak gaduh karena saling menyalahkan teman mereka. Anak-anak dengarkan Bu Guru, sekarang tunjukkan jari tangan kalian, kemudian hitung ya 5+4 = tangan 5 dan 3. Sekarang dijumlahkan semua ada berapa anak-anak...? 8 Bu guru,....” “ Ya betul. Sekarang coba soal yang Bu guru tulis di papan tulis kemudian coba hitung 6+8 =berapa anak-anak...? Oh ya cara menghitungnya begini, angka yang atas diucapkan dalam hati kemudian angka yang bawah di sesuaikan denganjari, jadi setelah 6...sampai kedelapan ditekuk semua. Berapa ketemunya? 14 Bu guru...ya sekarang tulis 4,ingat yang kecil saja. Selanjutnya angka yang depan di jumlah berapa hasilnya? 8 Bu guru....ya benar..jadi hasilnya 84. Begitu cara menhitungnya anak-anak.,sekarang sudah bjsa, bisa Bu guru...ok kalo begitu, coba sekarang bu guru beri soal kalian kerjakan sediri ya.baik bu guru..........
Lalu saya menulis 5 butir soal....,anak-anak mulai mengerjakan soal tersebut sesekali ada suara menghitung, kemudian ketemu...!, lalu 10 menit kemudian anak-anak sudah selesai mengerjakan soal. Sembari saya mengoreksi pekerjaan siswa saya mempersilahkan siswa yang mau mengerjakan soal di papan tulis . Selasai mengoreksi pekerjaan siswa yang ada di buku tulis,saya bersama anak-anak mengoreksi jawaban yang di papan tulis,dengan demikian saya akan lebih tahu sejauh mana anak paham dengan penjelasan saya tadi. Setelah selesai saya menyuruh anak untuk membetulkan jawaban yang ada di papan tulis.
Di akhir pembelajaran sebagai refleksi , saya mengajukan pertanyaan kepada siswa “ Apakah Anak-anak senang ini dengan pelajaran hari ?” semua siswa diam sejenak kemudian ada yang berbisik dengan temannya,lai lalu semua anak menjawab “ Senang Bu Guru.” “ Kenapa?” Tanya saya “Karena jadi gampang ngitungnya Bu Guru.”. Saya tersenyum dalam hati saya berkata ( Saya merasa senang karena ternyata metode yang saya gunakan dalam mengajar tadi berhasil menarik minat belajar siswa),berawal dari minat belajar siswa nantinya prestasi siswa juga akan meningkat,

5 komentar:

  1. Balasan
    1. Makasih mb ati,semoga bermanfaat buat yang lain.........

      Hapus
  2. Harrah's Cherokee Casino - MapYRO
    Information 수원 출장샵 and Reviews about Harrah's 대전광역 출장안마 Cherokee Casino 포항 출장마사지 in Cherokee, including 전라남도 출장샵 Realtime Reviews, Photos, News & Reviews. Rating: 2.5 · 광주 출장안마 ‎53 reviews

    BalasHapus