KETENTUAN PENULISAN
PROPOSAL TAHUN 2012
Ketentuan & Sistematika penulisan proposal
pengajuan DBL KKG BERMUTU
1. HALAMAN JUDUL
2. HALAMAN PENGESAHAN
Halaman pengesahan ditandatangani oleh
Ketua Kelompok/Musyawarah Kerja/Forum dan diketahui oleh :
a. Bagi KKG/KKKS disyahkan oleh Kepala Dinas
Pendidikan Kecamatan/UPTD
b. Bagi MGMP/MKKS/KKPS/MKPS/Forum disyahkan
oleh Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten.
Contoh: lihat lampiran 1.
- KATA PENGANTAR
- DAFTAR ISI
- BAB I. PENDAHULUAN
A. Latar Belakang
§ Gambarkan pendidikan di kabupaten Anda
§ Uraikan permasalahan pendidikan yang
dihadapi oleh siswa dalam kegiatan pembelajaran, prestasi belajar dan
profesionalisme guru (untuk KKG/MGMP); kepala sekolah (untuk KKKS.MKKS) dan
pengawas sekolah (untuk KKPS/MKPS) dan permasalahan yang muncul didalam pelaksanaan
kegiatan kelompok/musyawarah kerja Anda pada tahun sebelumnya.
§ Gambarkan komitmen kelompok/musyawarah
kerja Anda dalam menyelesaikan permasalahan pendidikan di lingkungan sekitar
kelompok/musyawarah kerja Anda tersebut.
§ Uraikan sumber dana yang diperlukan
kelompok/musyawarah kerja Anda untuk peningkatan mutu guru (untuk KKG/MGMP);
kepala sekolah (untuk KKKS.MKKS) dan pengawas sekolah (untuk KKPS/MKPS).
§ Gambarkan program-program peningkatan mutu
pendidikan yang telah kelompok/musyawarah kerja Anda lakukan.
B. Tujuan
§ Sesuaikan dengan rumusan masalah di latar
belakang
§ Kaitkan dengan peningkatan kompetensi guru
(untuk KKG/MGMP); kepala sekolah (untuk KKKS.MKKS) dan pengawas sekolah (untuk
KKPS/MKPS).
§ Kaitkan dengan permasalahan pembelajaran di
sekolah.
C. Hasil yang Diharapkan
§ Sesuaikan dengan rumusan tujuan.
D. Sasaran
§ Pertimbangkan kategori guru (untuk
KKG/MGMP); kepala sekolah (untuk KKKS.MKKS) dan pengawas sekolah (untuk
KKPS/MKPS) berdasarkan kualifikasi akademiknya.
§ Pertimbangkan kategori guru (untuk
KKG/MGMP); kepala sekolah (untuk KKKS.MKKS) dan pengawas sekolah (untuk
KKPS/MKPS) berdasarkan kompetensinya.
§ Pertimbangkan kategori kondisi sekolah
tempat guru (untuk KKG/MGMP); kepala sekolah (untuk KKKS.MKKS) dan pengawas
sekolah (untuk KKPS/MKPS) bertugas.
§ Pertimbangkan kinerja guru (untuk
KKG/MGMP); kepala sekolah (untuk KKKS.MKKS) dan pengawas sekolah (untuk
KKPS/MKPS) termasuk angka kredit yang telah dimiliki.
E. Manfaat
§ Gambarkan kemanfaatan untuk meningkatkan
kualitas kompetensi guru (untuk KKG/MGMP); kepala sekolah (untuk KKKS.MKKS) dan
pengawas sekolah (untuk KKPS/MKPS) peserta diklat.
§ Gambarkan kemanfaatan untuk meningkatkan
kualitas pembelajaran guru (untuk KKG/MGMP); kepala sekolah (untuk KKKS.MKKS)
dan pengawas sekolah (untuk KKPS/MKPS) di sekolah peserta peserta.
§ Gambarkan kemanfaatan untuk meningkatkan
kualitas layanan pendidikan pendidikan guru (untuk KKG/MGMP); kepala sekolah
(untuk KKKS.MKKS) dan pengawas sekolah (untuk KKPS/MKPS).
§ Gambarkan kemanfaatan untuk meningkatkan
kualitas guru (untuk KKG/MGMP); kepala sekolah (untuk KKKS.MKKS) dan pengawas
sekolah (untuk KKPS/MKPS).
6. BAB
II DESKRIPSI PELAKSANAAN KEGIATAN
(Gambaran pelaksanaan kegiatan DBL satu
tahun terakhir yang telah guru (untuk KKG/MGMP); kepala sekolah (untuk
KKKS.MKKS) dan pengawas sekolah (untuk KKPS/MKPS) lakukan, lengkapi dengan
bukti-bukti yang ada).
A. Laporan Pelaksanaan Kegiatan
§ Tuliskan laporan kegiatan memuat semua
aktivitas yang telah disetujui dan mendapat persetujuan dari LPMP satu tahun terakhir.
§ Gambarkan hasil evaluasi kegiatan
kelompok/musyawarah kerja dalam satu tahun terakhir.
§ Gambarkan permasalahan guru (untuk
KKG/MGMP); kepala sekolah (untuk KKKS.MKKS) dan pengawas sekolah (untuk
KKPS/MKPS) yang muncul satu tahun terakhir dan upaya pemecahannya.
§ Gambarkan implementasi hasil aktivitas guru
(untuk KKG/MGMP); kepala sekolah (untuk KKKS.MKKS) dan pengawas sekolah (untuk
KKPS/MKPS) dalam pelaksanaan proses pembelajaran di sekolah.
B. Strategi dan Metode Pelaksanaan Program
§ Gambarkan bagaimana penyelenggaraan oleh
kelompk/musyawarah kerja.
§ Gambarkan bagaimana kesesuaian strategi dan
metode dengan tujuan pencapaian kegiatan.
§ Gambarkan bagaimana kesesuaian strategi dan
metode dengan kondisi sarana dan prasarana.
§ Gambarkan bagaimana, apakah supervise
melibatkan salah satu atau gabungan dari Dinas Pendidikan
Kabupaten/Kecamatan/UPTD.
C. Sistem Dokumentasi Kegiatan
§ Gambarkan, bagaimana sistem dokumentasi
kelompok/musyawarah kerja Anda disusun sesuai dengan pedoman DBL.
§ Gambarkan, apakah sistem dokumentasi
kelompok/musyawarah kerja Anda telah dilengkapi semua data administrasi
kegiatan yang diminta.
§ Gambarkan, bagaimana sistem dokumentasi
kelompok/musyawarah kerja Anda telah dilengkapi dengan semua data administrasi
keuangan yang diminta (laporan pertanggungjawaban keuangan disusun berdasarkan
kegiatan yang telah dilaksanakan dan bukti pengeluaran nyata dari pemberi
jasa/penyedia barang: nota pembelian, kwitansi).
§ Gambarkan, apakah sistem dokumentasi
kelompok/musyawarah kerja Anda telah diserahkan sesuai jadwal yang telah
ditetapkan.
D. Kualitas Program
§ Gambarkan, kaitan kualitas program kelompok.musyawarah
kerja Anda dengan kompetensi guru (untuk KKG/MGMP: 4 kompetensi); kepala
sekolah (untuk KKKS.MKKS: 5 kompetensi) dan pengawas sekolah (untuk KKPS/MKPS:
6 kompetensi).
§ Gambarkan, kaitan kualitas program kelompok/musyawarah
kerja Anda dengan kebutuhan peningkatan kualitas pembelajaran di sekolah.
§ Gambarkan, kaitan kualitas program kelompok/musyawarah kerja
Anda dengan gagasan pengembangan keprofesian berkelanjutan.
§ Gambarkan, kaitan kualitas program kelompok/musyawarah
kerja Anda dengan penerapan hasil pelatihan/pertemuan di kelompok/musyawarah
kerja/forum yang membawa dampak pada perbaikan kegiatan belajar mengajar di kelas,
antara lain penerapan metode pembelajaran yang bervariasi, yang meningkatkan
minat dan kemampuan siswa.
E. Frekuensi Kegiatan
(Jelaskan berapa frekuensi kegiatan
kelompok/musyawarah kerja Anda per tahun ajaran).
F. Keterlibatan Peserta
(Jelaskan berapa persen keterlibatan
anggota kelompok/musyawarah kerja Anda dalam kegiatan).
G. Pelaksanaan Program
§ Berikan alasan, mengapa pelaksanaan program
kelompok/musyawarah kerja Anda harus tergambar dengan jelas dan tegas.
§ Berikan alasan ,mengapa pelaksanaan program
kelompok/musyawarah kerja Anda harus relevan dengan upaya peningkatan kualitas
pembelajaran di sekolah.
§ Berikan alasan, mengapa pelaksanaan program
kelompok/musyawarah kerja Anda harus relevan dengan peran kelompok kerja guru
dan kepala sekolah.
§ Berikan alasan, mengapa pelaksanaan program kelompok/musyawarah kerja
Anda perlu didukung oleh data dan fakta di lapangan.
H. Tempat Pelaksanaan
(Uraikan dimana tempat pelaksanaan kegiatan
kelompok/musyawarah kerja Anda: Kantor Dinas Pendidikan, Sekolah Inti, Sekolah Imbas,
Gedung Pertemuan).
7. BAB
III RENCANA PELAKSANAAN PROGRAM
A. Penyusunan Perencanaan Kegiatan Kelompok
Gambarkan perencanaan kegiatan ini dapat
Anda susun berdasarkan TNA tahun sebelumnya, potensi yang dimiliki oleh
kelompok/musyawarah kerja Anda, permasalahan yang muncul dari pelaksanaan
proses pembelajaran di kelas, dan hasil analisis kebutuhan guru akan
peningkatan kompetensinya.
B. Strategi dan Metode
Gambarkan, apakah strategi dan metode
rencana pelaksanaan program ini dapat Anda laksanakan di tingkat kelompok/musyawarah
kerja.
C. Materi Kegiatan
Uraikan bahwa materi kegiatan yang akan
Anda laksanakan ini penting, mendesak, dan luas bagi anggota
kelompok/musyawarah kerja.
D. Narasumber
Jelaskan, bahwa narasumber yang akan Anda
undang adalah sesuai dengan kepakaran, sesuai dengan masalah, kualifikasi yang
memdai, dan mudah diperoleh.
E. Waktu/Jadwal Pelaksanaan
Paparkan waktu/jadwal kegiatan yang akan
Anda laksanakan lengkap dan rinci.
F. Tempat pelaksanaan
Jelaskan, tempatr kegiatan yang akan Anda
gunakan, apakah di: Kantor dinas Pendidikan, Sekolah Inti, Sekolah Imbas,
Gedung Pertemuan.
G. Rencana Pemantauan dan EValuasi
Jelaskan, apakah rencana pemantauan dan
evaluasi pelaksanaan program ini Anda lakukan sejak persiapan, saat
pelaksanaan, dan akhir kegiatan. Sebutkan siapa yang akan memantau dan
mengevaluasi pelaksanaan program tersebut.
H. Rencana Pelaporan
Jelaskan, apakah laporan akan Anda buat
dalam bentuk laporan bulanan/triwulan, tengah tahun, dan akhir tahun.
8. LAMPIRAN
a. Susunan pengurus yang disahkan oleh Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota.
b. Rencana Anggaran Biaya Th. 2012
c. Fotocopy bukti-bukti pengeluaran anggaran DBL KKG/ FKKG untuk kegiatan yang telah dilaksanakan setiap tahun ajaran sekolah.
d. Rekap pelaksanaan kegiatan yang telah dilaksanakan setiap tahun ajaran sekolah.
e. Daftar hadir peserta setiap kegiatan setiap
tahun ajaran sekolah.
f. Profil Kelompok/musyawarah kerja yang terbaru
g. Daftar besarnya blockgrant yang akan diterima th. 2012 :
No
|
Sanggar
|
Besar DBL
|
1
|
KKG
|
Rp.
11.000.000
|
2
|
MGMP
|
Rp. 17.000.000
|
3
|
KKKS
|
Rp.
42.000.000
|
4
|
MKKS
|
Rp.
33.000.000
|
5
|
KKPS
|
Rp.
68.000.000
|
6
|
MKPS
|
Rp.
62.000.000
|
7
|
FKKG
|
Rp. 13.000.000
|
8
|
FMGMP
|
Rp. 11.000.000
|
9
|
FKKKS
|
Rp. 8.000.000
|
10
|
FMKKS
|
Rp. 5.300.000
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar