LAPORAN
HASIL ANALISIS KEBUTUHAN DIKLAT
( TRAINING NEED ANALYSIS )
KELOMPOK KERJA GURU
GUGUS TAMPOMAS
DINAS PENDIDIKAN
PEMUDA DAN OLAH RAGA KECAMATAN PAGEDONGAN
KABUPATEN
BANJARNEGARA
JAWA TENGAH
2012
LAPORAN
HASIL ANALISIS KEBUTUHAN DIKLAT
( TRAINING NEED
ANALYSIS )
GUGUS TAMPOMAS
UPT DINDIKPORA KECAMATAN PAGEDONGAN
KABUPATEN BANJARNEGARA
TAHUN 2012
Ketua :
SUPARNO
Bendahara :
KOESWATI
Sekretaris :
SUMINO
Alamat Sekretariat : SD Negeri 1 Gentansari
Jl. Raya Gentansari Km. 09 . Pagedongan – Banjarnegara
Pagedongan ,2 April 2012
Ketua
KKG Gugus
Tampomas
( SUPARNO )
|
Sekretaris
KKG Gugus
Tampomas
(
SUMINO,S.Pd.SD )
|
DAFTAR ISI
Halaman Judul ................................................................................................................i
Daftar isi
...........................................................................................................................ii
Daftar Lampiran ...............................................................................................................iii
I. PENDAHULUAN
- Latar Belakang.......................................................................................................1
- Tujuan ...................................................................................................................3
II.
PELAKSANAAN TNA
- Tempat dan Waktu................................................................................................7
- Alat dan Bahan....................................................................................................12
- Prosedur TNA......................................................................................................15
- Pemecahan Masalah ..........................................................................................16
III.
HASIL DAN PEMBAHASAN TNA
- Hasil TNA.............................................................................................................17
- Temuan ,Pembahasan,dan Alternatif Pemecahan Masalah................................22
IV. PROGRAM TINDAK
LANJUT
A. Struktur Program Kegiatan KKG Program BERMUTU Tahun 2012
V.
PENUTUP
DAFTAR LAMPIRAN
Lampiran 1 : Format TNA 01
Lampiran 2 : Format TNA 02
Lampiran 3 : Format
TNA 03
Lampiran 4 : Format
TNA 04
Lampiran 5 : Rekapitulasi
Perkiraan Bobot Waktu
BAB I
PENDAHULUAN
A. Latar Belakang
Pemerintah Indonesia, saat ini melalui Departemen Pendidikan telah
mengeluarkan Undang – undang nomor 14 tahun 2005 tentang Guru dan Dosen,.Undang
– undang tersebut berimplikasi terhadap peningkatan kompetensi guru melalui uji
sertifikasi dan peningkatan kualifikasi pendidikan guru.
Untuk peningkatan kualifikasi
guru maka Pemerintah melaksanakan Program BERMUTU (Better Education throug Reformed Management and Universal Teacher
Upgrading). Dengan melalui Program
BERMUTU diharapkan dapat menciptakan proses sertifikasi,peningkatan kualifikasi
guru serta pengembangan profesional guru secara berkelanjutan.
Indikator keberhasilan Program
BERMUTU di tingkat Kelompok Kerja Guru adalah,(1) pengembangan kurikulum dan
Silabus (2) Pengembangan Rencana Program Pembelajaran, (3) pelaksanaan kajian
kritis dan pendalaman terhadap materi pembelajaran,(4) mengembangkan analisis
butir soa dan bank soal,(5) Pelaksanaan Penelitiaan Tindakan Kelas (PTK) (6)
Penulisan jurnal belajar, (&) pemantauan kualitas guru, (8) pemetaan
kompetensi guru melalui evaluasi kinerja guru,hasil kegiatan dari kelompok
kerja guru adalah berupa;
- Kurikulum,Silabus dan RPP
- Lembar Kerja Siswa
- Lembar Kerja Guru
- Analisis butir soal dan bank soal
- Laporan PTK
- Jurnal belajar
- Model pembelajaran
- Portofolio dan hasil kerja kajian kritis
- Peta kompetensi guru
Agar keberhasilan pencapaian
indikator ditingkat kelompok kerja khususnya di kelompok KKG Gugus tampomas
dapat tercapai dengan maksimal maka perlu diadakan “Analisis Kebutuhan Diklat”
yang nantinya akan digunakan untuk menentukan mata diklat yang benar – benar
dibutuhkan oleh anggota KKG Gugus Tampomas
Langkah awal dalam pelaksanaan
diklat adalah melakukan Analisis Kebutuhan Diklat. Selanjutnya hasil dari
Analisis Kebutuhan Diklat akan digunakan untuk menyusun program diklat yang
akan dilaksanakan agar kegiatan lebih terarah dan sesuai dengan kebutuhan
anggota.
B.
Tujuan
Tujuan yang hendak dicapai adalah agar guru dapat melakukan analisis
kebutuhan diklat melalui metode yang ilmiah,mudah, dan tepat
Tujuan yang hendak dicapai adalah:
1. Guru mampu mlakukan persiapan TNA.
2. Guru mampu mengumpulkan data TNA.
3. Guru mampu mengidentifikasi dan menganalisis kesenjamgan Diklat.
4. Guru mampu menggambarkan kebuuhan materi Diklat
5. Guru mampu mengalokasikan waktu per mata Diklat.
6. Guru mampu menyusun strategi dan metode penyajian materi pelajaran
sesuia dengan tingkat kebutuhan peserta.
7. Guru mampu menyusun kebutuhan Diklat di kelompok kerja da sekolah
masing-masing.
BAB II
PELAKSANAAN TNA
A. Tempat dan Waktu
Analisis Kebutuhan Diklat KKG Gugus Tampomas dilaksanakan bertempat di SD
INTI yaitu SD Negeri 1 Gentansari,yang dilaksanakan pada hari sabtu,tanggal 24
Maret 2012,yang diikuti oleh seluruh anggota KKG Gugus Tampomas sejumlah 42
orang.
B. Alat dan Bahan
Alat yang digunakan berupa
instrumen Format Training Need Analysis ,sebagai berikut :.
Format: TNA01
FORMAT TRAINING
NEEDS ASESSMENT
UNTUK GURU
(INDIVIDUAL)
Nama Guru :
Nomer Sampel :
Lokasi : KKG Gugus Tampomas
Tanggal Pengisian :
24 Maret 2012
No
|
Mata Tataran
|
Tingkat
Penguasaan Materi (%)
|
||||||||||
0
|
10
|
20
|
30
|
40
|
50
|
60
|
70
|
80
|
90
|
100
|
||
1
|
KTSP/SILABUS/RPP
|
|||||||||||
2
|
MODEL PEMBELAJARAN
|
|||||||||||
3
|
PENILAIAN/
|
|||||||||||
4
|
TIK
|
|||||||||||
5
|
PTK
|
|||||||||||
6
|
KAJIAN KRITIS
|
|||||||||||
7
|
LESSON STUDY
|
|||||||||||
8
|
MEDIA PEMBELAJARAN
|
|||||||||||
9
|
KOMPETENSI GURU
|
|||||||||||
10
|
PENDALAMAN MATERI MATA PELAJARAN
(MODUL P4TK)
|
|||||||||||
11
|
LEARNING JOURNAL
|
|||||||||||
12
|
PENYUSUNAN BUTIR SOAL DAN ANALISIS BUTIR SOAL
|
Pagedongan, 24
Maret 2012
Guru Yang
bersangkutan
(.................................)
FORMAT: TNA 02
REKAPITULASI PENGUASAAN
MATERI
UNTUK KEPALA SEKOLAH/PENGAWAS
SEKOLAH
Nama
Diklat
|
:
|
|
Jumlah
Sampel
|
:
|
|
Lokasi
|
:
|
|
Tanggal
Penyebaran
|
:
|
No
|
Mata
Tataran
|
Tingkat Penguasaan Materi (%)
|
Total (%)
|
Rata-rata (%)
|
||||||||||
0
|
10
|
20
|
30
|
40
|
50
|
60
|
70
|
80
|
90
|
100
|
||||
1
|
KTSP/SILABUS/RPP
|
|||||||||||||
2
|
MODEL
PEMBELAJARAN
|
|||||||||||||
3
|
PENILAIAN/
|
|||||||||||||
4
|
TIK
|
|||||||||||||
5
|
PTK
|
|||||||||||||
6
|
KAJIAN
KRITIS
|
|||||||||||||
7
|
LESSON
STUDY
|
|||||||||||||
8
|
MEDIA
PEMBELAJARAN
|
|||||||||||||
9
|
KOMPETENSI
GURU
|
|||||||||||||
10
|
PENDALAMAN
MATERI MATA PELAJARAN
(MODUL
P4TK)
|
|||||||||||||
11
|
LEARNING
JOURNAL
|
|||||||||||||
12
|
PENYUSUNAN
BUTIR SOAL DAN ANALISIS BUTIR SOAL
|
Pagedongan,,……………………2012
Ketua Kelompok
KKG Gugus Tampomas
(SUPARNO,S.Pd)
|
FORMAT
: TNA 03
FORMAT REKAPITULASI
TRAINING NEEDS
ASESSMENT
Nama Kelompok
|
:
|
KKG Gugus Tampomas
|
Jumlah Anggota
|
:
|
42
|
Kecamatan/Kabupaten
|
:
|
Pagedongan/Banjarnegara
|
Provinsi
|
:
|
Jawa Tengah
|
No
|
Mata
Tataran
|
Tingkat Penguasaan Rata-Rata (%)
|
Kategori Kebutuhan Diklat
|
Jumlah Peserta
|
1
|
KTSP/SILABUS/RPP
|
|||
2
|
MODEL
PEMBELAJARAN
|
|||
3
|
PENILAIAN/
|
|||
4
|
TIK
|
|||
5
|
PTK
|
|||
6
|
KAJIAN
KRITIS
|
|||
7
|
LESSON
STUDY
|
|||
8
|
MEDIA
PEMBELAJARAN
|
|||
9
|
KOMPETENSI
GURU
|
|||
10
|
PENDALAMAN
MATERI MATA PELAJARAN
(MODUL
P4TK)
|
|||
11
|
LEARNING
JOURNAL
|
|||
12
|
PENYUSUNAN
BUTIR SOAL DAN ANALISIS BUTIR SOAL
|
Pagedongan,,……………………2012
Ketua Kelompok
KKG Gugus Tampomas
(SUPARNO,S.Pd)
|
C. Prosedur TNA
Pengisian
Intrumen TNA dilakukan dengan cara
memberi tanda
Check
list (v) pada kolom tingkat penguasaan
materi masing-masing sub komponen.
Prosedur
pelaksanaan TNA
Persiapan TNA
|
Pengumpulan
Data
|
Pengolahan,analisis
dan Interprestasi Data
|
BAB III
HASIL DAN PEMBAHASAN TNA
A. Hasil
TNA
Hasil kegiatan Analisis Kebutuhan
Diklat berupa Intrumen yang telah di isi oleh masing-masing anggota KKG
Gugus Tampomas,yang diolah menjadi
kebutuhan Mata Diklat pada kegiatan KKG berikutnya.Data hasil Analisis Kebutuhan Diklat terlampir.
B. Temuan,
Pembahasan, dan Alternatif Pemecahan Masalah.
Berdasarkan
Intrumen Individu Analisis Kebutuhan
Diklat yang telah diperoleh dari masing-masing anggota KKG Gugus Tampomas,maka
Pengurus KKG Gugus Tampomas melakukan analisis terhadap Format TNA 03 dengan
demikian ditemukan mata Diklat dengan kategori MK (Must Know) dan SK (Should
Know) yang berarti mata diklat tersebut merupakan kebutuhan Kelompok KKG Gugus
Tampomas.
Berdasarkan
temuan dari Format 03 (terlampir),pengurus
merekapitulasi hasil temuan untuk menentukan perkiraan bobot waktu (Format TNA 04,terlampir) setiap
komponen,yang dapat digunakan untuk penyusunan program Diklat.
BAB IV
PROGRAM TINDAK LANJUT
Program
tindak lanjut dari Kelompok KKG Gugus Tampomas tersusunnya Draf Struktur Program Diklat,sebagai berikut :
STRUKTUR PROGRAM DIKLAT GURU SD
KELOMPOK KKG
GUGUS TAMPOMAS
Pola 90 Jp
No
|
Mata Tataran
|
Alokasi Waktu
|
1
|
KTSP/SILABUS/RPP
|
7
|
2
|
MODEL
PEMBELAJARAN
|
7
|
3
|
PENILAIAN/EVALUASI
|
7
|
4
|
TIK
|
13
|
5
|
PTK
|
9
|
6
|
KAJIAN
KRITIS
|
7
|
7
|
LESSON
STUDY
|
7
|
8
|
MEDIA
PEMBELAJARAN
|
7
|
9
|
KOMPETENSI
GURU
|
7
|
10
|
PENDALAMAN
MATERI MATA PELAJARAN
(MODUL
P4TK)
|
7
|
11
|
LEARNING
JOURNAL
|
5
|
12
|
PENYUSUNAN
BUTIR SOAL DAN ANALISIS BUTIR SOAL
|
7
|
BAB V
PENUTUP
DAFTAR
LAMPIRAN :
Lampiran 1 : Format TNA 01
Format: TNA01
FORMAT TRAINING
NEEDS ASESSMENT
UNTUK GURU
(INDIVIDUAL)
Nama Guru :
Nomer Sampel :
Lokasi : KKG Gugus Tampomas
Tanggal Pengisian : 24 Maret 2012
No
|
Mata Tataran
|
Tingkat
Penguasaan Materi (%)
|
||||||||||
0
|
10
|
20
|
30
|
40
|
50
|
60
|
70
|
80
|
90
|
100
|
||
1
|
KTSP/SILABUS/RPP
|
|||||||||||
2
|
MODEL PEMBELAJARAN
|
|||||||||||
3
|
PENILAIAN/
|
|||||||||||
4
|
TIK
|
|||||||||||
5
|
PTK
|
|||||||||||
6
|
KAJIAN KRITIS
|
|||||||||||
7
|
LESSON STUDY
|
|||||||||||
8
|
MEDIA PEMBELAJARAN
|
|||||||||||
9
|
KOMPETENSI GURU
|
|||||||||||
10
|
PENDALAMAN MATERI MATA PELAJARAN
(MODUL P4TK)
|
|||||||||||
11
|
LEARNING JOURNAL
|
|||||||||||
12
|
PENYUSUNAN BUTIR SOAL DAN ANALISIS BUTIR SOAL
|
Pagedongan, 24 Maret 2012
Guru Yang bersangkutan
(..............................)
Lampiran 2 : Format TNA 02
FORMAT : TNA 02
FORMAT TRAINING NEEDS
ASESSMENT
REKAPITULASI
PENGUASAAN MATERI
Jumlah Sampel
|
:
|
42
|
Lokasi
|
:
|
KKG Gugus Tampomas
|
Tanggal Penyebaran
|
:
|
31 Maret 2012
|
No
|
Kompetensi
|
Tingkat Penguasaan
|
Total (x)
|
Rata-rata (%)
|
|||||||||
10
|
20
|
30
|
40
|
50
|
60
|
70
|
80
|
90
|
100
|
||||
1
|
KTSP /
Silabus
|
8
|
23
|
7
|
4
|
3010
|
71,66667
|
||||||
2
|
Model
Pembelajaran
|
5
|
34
|
2
|
1
|
2510
|
59,7619
|
||||||
3
|
Penilaian
dan evaluasi
|
2
|
2
|
32
|
4
|
2
|
3140
|
74,7619
|
|||||
4
|
TIK
|
8
|
24
|
3
|
5
|
2
|
1890
|
45
|
|||||
5
|
PTK
|
4
|
15
|
16
|
7
|
2200
|
52,38095
|
||||||
6
|
Kajian
Kritis
|
5
|
29
|
6
|
2
|
2330
|
55,47619
|
||||||
7
|
Lesson
Study
|
34
|
4
|
4
|
3060
|
72,85714
|
|||||||
8
|
Media
Pembelajaran
|
2
|
5
|
24
|
11
|
2980
|
70,95238
|
||||||
9
|
Kompetensi
Guru
|
5
|
21
|
16
|
3050
|
72,61905
|
|||||||
10
|
Pendalaman
Materi Mata Pelajaran
|
2
|
3
|
4
|
17
|
16
|
3360
|
80
|
|||||
11
|
Learning
Journal
|
30
|
8
|
4
|
3100
|
73,80952
|
|||||||
12
|
Penyusunan
Butir Soal dan Analisis Butir Soal
|
7
|
20
|
10
|
5
|
2650
|
63,09524
|
||||||
Total :
|
2773,33
|
66,03175
|
|||||||||||
Rata - rata :
|
198,095
|
4,716553
|
Pagedongan,,………………2012
Ketua KKG
Gugus Tampomas
(SUPARNO)
|
Lampiran 3 : Format
TNA 03
FORMAT : TNA 03
FORMAT REKAPITULASI
TRAINING NEEDS ASESSMENT
Nama Kelompok
|
:
|
KKG Gugus Tampomas
|
Jumlah Anggota
|
:
|
42
|
Kecamatan/Kabupaten
|
:
|
Pagedongan/Banjarnegara
|
Provinsi
|
:
|
Jawa Tengah
|
No
|
Mata Tataran
|
Tingkat Penguasaan Rata – rata (%)
|
Kategori
Kebutuhan Diklat
|
Jumlah Peserta
|
1.
|
KTSP/SILABUS/RPP
|
71
|
SK
|
42
|
2.
|
MODEL PEMBELAJARAN
|
59
|
NK
|
42
|
3.
|
PENILAIAN/
|
74
|
SK
|
42
|
4.
|
TIK
|
45
|
NK
|
42
|
5.
|
PTK
|
52
|
NK
|
42
|
6.
|
KAJIAN KRITIS
|
55
|
NK
|
42
|
7.
|
LESSON STUDY
|
72
|
SK
|
42
|
8.
|
MEDIA PEMBELAJARAN
|
70
|
SK
|
42
|
9.
|
KOMPETENSI GURU
|
72
|
SK
|
42
|
10.
|
PENDALAMAN MATERI MATA
PELAJARAN (MODUL P4TK)
|
80
|
SK
|
42
|
11
|
LEARNING JOURNAL
|
73
|
SK
|
42
|
12.
|
PENYUSUNAN BUTIR SOAL DAN ANALISIS BUTIR SOAL
|
63
|
NK
|
42
|
Pagedongan,,31 Maret 2012
Ketua
Kelompok
KKG Gugus
Tampomas
(
SUPARNO )
|
Lampiran 4 : Format TNA 04
FORMAT : TNA 04
FORMAT REKAPITULASI KEBUTUHAN DIKLAT
TRAINING NEEDS ASESSMENT
DAN PERKIRAAN REKAPITULASI DISTRIBUSI BOBOT WAKTU
Nama Diklat
|
:
|
Penilaian dan
Evaluasi
|
Nama Kelompok
|
:
|
KKG Gugus Tampomas
|
Jumlah Anggota
|
:
|
42
|
Kecamatan/Kabupaten
|
:
|
Pagedongan/Banjarnegara
|
Provinsi
|
:
|
Jawa Tengah
|
No
|
Mata Tataran
|
Tingkat Penguasaan Rata – rata (%)
|
Kategori
Waktu
|
Bobot Waktu
|
1.
|
KTSP/SILABUS/RPP
|
71
|
SK
|
3
|
2.
|
MODEL PEMBELAJARAN
|
59
|
NK
|
3
|
3.
|
PENILAIAN/
|
74
|
SK
|
3
|
4.
|
TIK
|
45
|
NK
|
6
|
5.
|
PTK
|
52
|
NK
|
4
|
6.
|
KAJIAN KRITIS
|
55
|
NK
|
3
|
7.
|
LESSON STUDY
|
72
|
SK
|
3
|
8.
|
MEDIA PEMBELAJARAN
|
70
|
SK
|
3
|
9.
|
KOMPETENSI GURU
|
72
|
SK
|
3
|
10.
|
PENDALAMAN MATERI MATA
PELAJARAN (MODUL P4TK)
|
80
|
SK
|
3
|
11.
|
LEARNING JOURNAL
|
73
|
SK
|
2
|
12.
|
PENYUSUNAN BUTIR SOAL DAN ANALISIS BUTIR SOAL
|
63
|
NK
|
3
|
Pagedongan,,31 Maret 2012
Ketua
Kelompok
KKG Gugus
Tampomas
(
SUPARNO )
|
Lampiran 5 :
Rekapitulasi Perkiraan
Bobot Waktu
PENENTUAN ALOKASI WAKTU
UNTUK PENYUSUNAN STRUKTUR PROGRAM DIKLAT
Nama Diklat
|
:
|
Penilaian dan Evaluasi
|
Nama Kelompok
|
:
|
KKG Gugus Tampomas
|
Jumlah Anggota
|
:
|
42
|
Kecamatan/Kabupaten
|
:
|
Pagedongan/Banjarnegara
|
Provinsi
|
:
|
Jawa Tengah
|
No
|
Mata Tataran
|
Tingkat
Penguasaan Rata – rata (%)
|
Kategori
Waktu
|
Bobot Waktu
|
Alokasi Waktu dalam Struktur Program
|
Perkiraan pertemuan dalam kel kerja
|
1.
|
KTSP/SILABUS/RPP
|
71
|
SK
|
3
|
3x64/39=4.92
|
1
|
2.
|
MODEL
PEMBELAJARAN
|
59
|
NK
|
3
|
3x64/39=4.92
|
2
|
3.
|
PENILAIAN/EVALUASI
|
74
|
SK
|
3
|
2x64/39=9.8
|
1
|
4.
|
TIK
|
45
|
NK
|
6
|
6x64/39=4.92
|
2
|
5.
|
PTK
|
52
|
NK
|
4
|
4x64/39=4.92
|
2
|
6.
|
KAJIAN KRITIS
|
55
|
NK
|
3
|
3x64/39=4.92
|
1
|
7.
|
LESSON STUDY
|
72
|
SK
|
3
|
3x64/39=4.92
|
1
|
8.
|
MEDIA
PEMBELAJARAN
|
70
|
SK
|
3
|
3x64/39=4.92
|
1
|
9.
|
KOMPETENSI
GURU
|
72
|
SK
|
3
|
3x64/39=4.92
|
1
|
10.
|
PENDALAMAN
MATERI MATA
PELAJARAN
(MODUL P4TK)
|
80
|
SK
|
3
|
3x64/39=4.92
|
1
|
11.
|
LEARNING
JOURNAL
|
73
|
SK
|
2
|
2x64/39=4.92
|
1
|
12.
|
PENYUSUNAN
BUTIR SOAL DAN ANALISIS BUTIR SOAL
|
63
|
NK
|
3
|
3x64/39=4.92
|
2
|
Total
|
39
|
64 Jam
|
16
Pertemuan
|
Pagedongan,,31 Maret 2012
Ketua
Kelompok
KKG
Gugus Tampomas
( SUPARNO )
|
PERKIRAAN ALOKASI WAKTU DIKLAT
UNTUK SETIAP KOMPETENSI
Nama Diklat
|
:
|
Penilaian dan Evaluasi
|
Nama Kelompok
|
:
|
KKG Gugus Tampomas
|
Jumlah
Anggota
|
:
|
42
|
Kecamatan/Kabupaten
|
:
|
Pagedongan/Banjarnegara
|
Provinsi
|
:
|
Jawa Tengah
|
No
|
Kompetensi
|
Tingkat
Penguasaan Rata – rata (%)
|
Kategori
Waktu
|
Bobot Waktu
|
Alokasi Waktu dalam Struktur Program
|
1.
|
KTSP/SILABUS/RPP
|
71
|
SK
|
3
|
7
|
2.
|
MODEL PEMBELAJARAN
|
59
|
NK
|
3
|
7
|
3.
|
PENILAIAN/
|
74
|
SK
|
3
|
7
|
4.
|
TIK
|
45
|
NK
|
6
|
13
|
5.
|
PTK
|
52
|
NK
|
4
|
9
|
6.
|
KAJIAN KRITIS
|
55
|
NK
|
3
|
7
|
7.
|
LESSON STUDY
|
72
|
SK
|
3
|
7
|
8.
|
MEDIA PEMBELAJARAN
|
70
|
SK
|
3
|
7
|
9.
|
KOMPETENSI GURU
|
72
|
SK
|
3
|
7
|
10.
|
PENDALAMAN MATERI MATA
PELAJARAN (MODUL P4TK)
|
80
|
SK
|
3
|
7
|
11.
|
LEARNING JOURNAL
|
73
|
SK
|
2
|
5
|
12.
|
PENYUSUNAN BUTIR SOAL DAN ANALISIS BUTIR SOAL
|
63
|
NK
|
3
|
7
|
Pagedongan, 31 Maret
2012
Ketua Kelompok
KKG Gugus Tampomas
( SUPARNO )
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar